BERITA

Pemda Sampaikan Pendapat atas Dua Raperda Inisiatif DPRD Sigi

SIGI, Celebespos.com – Rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat Bupati Sigi atas diajukannya dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Kabupaten Sigi, digelar Senin (25/10/2021) kemarin.

Dua Ranperda yang di maksud adalah Ranperda tentang Penyalahgunaan Obat dan Inhalan serta Raperda tentang Perlindungan Pekerja Migran.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Intjenae didampingi Wakil Ketua II DPRD Sigi, Imran Latjedi, di hadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi, Selvy, mewakili Bupati Sigi.

Selvy saat membacakan sambutan Bupati Sigi, memberi apresiasi kepada pimpinan bersama anggota DPRD Kabupaten Sigi atas diajukannya dua buah Ranperda tersebut.

Pemerintah daerah pada dasarnya memiliki pandangan yang sama dengan pengajuan Raperda prakarsa DPRD dengan subtansi yang telah diatur dalam Raperda dimaksud.

Menurutnya, hal ini perlu mendapat perhatian serius karena penyalahgunaan obat dan inhalan dapat memberikan efek jangka pendek maupun jangka panjang, seperti merusak fisik dan psikis penggunaannya. Bahkan, kata Selvy, dapat mengakibatkan kematian mendadak.

Penanggulangan penyalahgunaan obat dan inhalan merupakan hal yang urgen dan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sehingga dampak penggunaan obat dan inhalan secara ilegal dapat dicegah.

“Atau setidaknya dapat diminimalisir agar tidak menimbulkan korban yang lebih banyak terutama bagi anak dan remaja yang secara psikologi mudah terpengaruh oleh godaan penyalahgunaan obat dan inhalan. Mengingat mudahnya mendapatkan produk tersebut di pasaran,“ ucap Selvy.

Terhadap Raperda perlindungan pekerja migran, dirinya menyampaikan, dengan diajukannya Raperda ini akan menjadi payung hukum pelindung di tegakannya upaya perlindungan pekerja migran di Kabupaten Sigi.

“Perlindungan yang diberikan oleh daerah sebagai garda terdepan dalam upaya perlindungan dimulai dari perlindungan sebelum bekerja, dan setelah selesai bekerja,“ terangnya. (Ard/Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker