BERITA

Penandatanganan Kerjasama Layanan Akta Kelahiran Online “Pagar Air”

SIGI – Celebespos.com Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sigi, bekerja sama dengan pihak layanan bersalin RS (Rumah Sakit) Woodward Palu, RS (Rumah Sakit) Ibu dan Anak Nasana Pura Petobo, Puskesmas Biromaru serta Puskesmas Sangurara tentang pendaftaran online Akta Kelahiran (Pagar Air), yang diselenggarakan diaula Kantor Bupati Sigi, Jumat, (2/10/2020).

Kerja sama yang dibangun itu menjadi terobosan untuk membantu masyarakat Sigi dalam hal mempermudah pengurusan akta lahir anak dan kartu keluarga (KK).

Kepala Disdukcapil Sigi Pasobongan, mengatakan, pihaknya menggandeng 2 (dua) Rumah Sakit dan 2 (dua) puskesmas untuk mendukung kinerja Disdukcapil. Disdukcapil ingin memberikan pelayanan terhadap warganya yang hendak langsung memiliki akta kelahiran ketika anaknya baru lahir.

“Tak hanya akta kelahiran, tapi juga kami berikan kartu keluarga (KK) yang baru,” ujarnya pada wartawan.

Sementara itu, Pjs. Bupati Sigi Sisliandy dalam sambutannya mengatakan selaku pimpinan dijajaran pemerintah Kabupaten Sigi, menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak penyelenggara dan unsur yang terlibat.

Sisliandy menuturkan sesuai amanat undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, pemerintah berkewajiban menyelenggarakan administrasi kependudukan tanpa diskriminasi terhadap pelayanan publik yang profesional.

Olehnya itu, kata Sisliandy, pemerintah dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, efektif dan transparan seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis.

“Jadi, pada saat ada ibu yang melahirkan, itulah yang akan kita kerjasamakan agar langsung difasilitasi dan dibekali dengan akta kelahiran yang bisa didaftarkan secara online, serta penambahan anggota keluarga baru dalam kartu keluarga (KK),” terangnya

Bagi daerah yang terpencil lanjut Pjs.Bupati Sigi itu, Dukcapil Sigi bersama opd-opd terkait kedepannya akan menyiapkan tower yang akan mensupport kedaerah-daerah pegunungan seperti Palolo, Kulawi Raya dan Marawola Barat untuk dikembangkan, agar akses internet pembuatan KK tersebut tidak terhambat.

“Untuk tahap ini kita masih memiliki 2 rumah sakit dan 2 puskesmas, harapan kedepannya pelayanan bisa maksimal dan lebih menyeluruh kepada masyarakat, metode saat ini tentunya bisa membantu sekali.” terangnya.

Menurut data kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun di Kabupaten Sigi, berjumlah 83,436 jiwa dan jumlah anak yang sudah memiliki akta kelahiran 72,258 jiwa dengan total jumlah penduduk 253.536 Jiwa yang mencakup 86,60% pada semester I tahun 2020. Sehingga masih diperlukan berbagai upaya untuk percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran anak. Sehingga diperlukan kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pihak Unicef dan yayasan Karampuang untuk berinovasi dalam hal pembuatan akta kelahiran anak dengan layanan online Akta Kelahiran (Pagar Air).

Turut hadir menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama kali ini yaitu Plt. Kadis Dukcapil Provinsi Sulawesi Tengah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kab.Sigi, para pimpinan OPD, perwakilan Unicef bersama yayasan Karampuang, Direktur RS. Woodward Palu, Direktur RS Ibu dan Anak Nasana Pura Petobo, Kepala UPT Puskesmas Biromaru dan Kepala UPT Puskesmas Sangurara.(Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker