BERITA

Pertemuan Koordinasi Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sigi 2020

SIGI – Celebespos.com Penguatan GERMAS tahun 2020 adalah dengan melakukan pembudayaan GERMAS di lingkungan internal instansi pemerintah, pelibatan aktif sektor non pemerintah mulai dari Dunia Usaha, Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Institusi Pendidikan dan Perguruan Tinggi. Dalam pelaksanaan GERMAS, perlu disusun perencanaan yang berkualitas, sehingga kegiatan yang dilakukan sesuai kebutuhan daerah. GERMAS harus menjadi perubahan perilaku yang menjadi budaya di masyarakat, sehingga perlu melakukan sosialisasi dan informasi terus-menerus agar masyarakat menerapkan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari.

Terkait hal ini, Bupati Sigi yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi Roland Franklin, saat membuka acara Pertemuan Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Rabu (3/9/30/2020), mengatakan pembangunan kesehatan diharapkan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat pada setiap orang dalam menjaga kesehatan masyarakat.

GERMAS merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni. Ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat.

“Mari kita bersama-sama menggerakkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat,” tandas Roland saat menutup sambutan.

Senada dengan hal itu, Kabid UMK pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi dr. Rika F. Sakaruddin menambahkan bahwa Germas yang dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2017, dalam hal memperoleh gambaran koordinasi dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait pelaksanaan teknis di lapangan, serta perencanaan sebuah desa dalam hal penganggaran kegiatan Germas.

Kegiatan yang berlangsung di Jazz Hotel Kota Palu kali ini dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi Kaimudin Ponulele, Kadis PMD Sigi Anwar, Kasie Promke dan Pemberdayaan Masyarakat (Djawaluddin) serta pejabat dan staf lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi. (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker