BERITA

Gandeng Owner Kopi A’Robi, Dinas Pariwisata Sigi Gelar Pelatihan Barista Kopi

SIGI – Celebespos.com Dengan tetap berpedoman pada protokol Covid, dengan selalu menggunakan masker serta mencuci tangan. Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Dinas Pariwisata menggelar pelatihan Barista Kopi bersama pelaku usaha (Owner Robby Limantono), yang bertempat di Kopi A’Robi Jalan Imam Bonjol Kota Palu. Sabtu, (15/8/2020).

Kegiatan pelatihan Barista Kopi yang disampaikan sang instrukstur (Alim Manrapi) meliputi materi dasar dari pengenalan biji kopi, macam macam kopi nusantara dan dunia serta penjelasan mengenai barista. Pengenalan alat alat kopi dan cara menggunakan alat-alat kopi, jenis pengolahan kopi sampai teknik seduh semua diterangkan satu persatu, mulai dari teori sampai dengan praktek.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd mengatakan saat ini kopi menjadi salah satu gaya hidup dikalangan masyarakat. Khususnya bagi kalangan millenial yang mulai menggandrungi minuman hitam yang satu ini.

“Pelatihan Barista Kopi kali ini, rencananya kami persiapkan di beberapa destinasi yang kita miliki saat ini diantarannya Lindu, Kulawi dan Bora dengan tujuan bisa mendapatkan keterampilan/skil meracik minuman kopi yang enak,” ujar Kadis Pariwisata itu.

Sebelumnya, kalau kita cuman terus berpikir menjual kopinya mungkin akan beda baik secara ekonominya, karena disamping belajar Barista Kopi ini tentunya ilmu dalam meracik kopi juga perlu diserap untuk menambah wawasan.

“Kami juga melakukan kerjasama bersama owner (pelaku usaha), yang tentu sudah mempunyai bisnis diluar sana,” tutur Kadis Pariwisata.

“Target kami kedepan tidak hanya menjual kopi dari Sigi tetapi juga dapat meracik kopi dengan rasa yang berbeda-beda dan tentunya mempunyai rasa yang enak,” terangnya.

Terlebih kata Diah Agustiningsih, Kami membutuhkan aktifitas ekonomi yang kreatif, bukan hanya sekedar menjual tetapi ada kualitas didalamnya.

Kedepannya juga kami akan mencari resep yang enak untuk kopi Lindu, kopi Toratima, kopi Dombu dan kopi-kopi yang ada di Sigi. Untuk menemukan resep minumannya kita juga akan menyajikan di destinasi – destinasi wisata Sigi yang sekarang lagi ramai dikunjungi oleh wisatawan seperti di Doda dan Wayu.

Sementara sang Owner A’robi alias Robi selaku pelaku usaha Kopi A’Robi, mengatakan bahwa dirinya ingin mengenalkan sekaligus mengedukasikan bahwa bisnis kopi itu luas, disatu sisi menambah wawasan tentang kopi, bisnis kopi dan dunia Barista sebelum nantinya lebih tertuju ke skill dalam meracik kopi sesuai biji kopi asal daerah itu sendiri.(Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker