KESEHATAN

Pemda Sigi Akan Siapkan 200 Juta Bagi Penderita Katarak

SIGI, Celebespos.com – Katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan, baik di Indonesia maupun dunia. Seperti diketahui, penyebab katarak paling umum adalah penuaan pada usia manusia. Untuk itu, angka kasus penyakit ini akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya populasi lanjut usia. Jalan satu-satunya untuk menyembuhkan penyakit ini secara total adalah dengan melakukan operasi katarak.

Sikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Sigi melalui program Sigi Masagena dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah Kabupaten Sigi yang Ke 14 tahun 2022, Dinas Kesehatan bersama Rumah Sakit Torabelo Kabupaten Sigi menyelenggarakan bakti sosial operasi katarak secara gratis terhadap para Lansia (Lanjut usia) yang ada di daerah itu.

Bupati Sigi, Mohamad Irwan menyebut penguatan program yang ada di Dinas Kesehatan terkhusus untuk pembiayaan orang kecil, nantinya di perubahan anggaran akan di tambah.

Bupati mengatakan, masih banyak warga Sigi yang kurang mampu yang disatu sisi mereka masih mau melakukan kegiatan -kegiatan taninya, akan tetapi masih ada gangguan di matanya sehingga terhalang dalam beraktivitas. Pemerintah kata Bupati, dalam hal ini negara juga tentunya harus hadir melalui program kesehatan.

“Ini sudah tahun ketiga kita laksanakan, insyaallah di perubahan anggaran ini kita akan tambah lagi minimal 100 – 200 juta rupiah,“ ungkap Bupati, Jumat (17/6/2022).

Kegiatan bakti sosial itu merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Memang masih banyak yang belum sempat di operasi. Menurut informasi dari puskesmas-puskesmas, ada beberapa masyarakat yang mau ingin operasi katarak ini namun anggaran terbatas dan kami pemerintah hadir dan mengambil kesimpulan dengan anggaran yang akan kita tambah lagi,“ tegas Bupati.

“Ini adalah program Sigi Masagena di bidang kesehatan,“ tambahnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Mohamad Irwan menyempatkan mengunjungi para pasien katarak yang akan di operasi dengan memberikan semangat dan motivasi.

Bupati dua periode itu didampingi Direktur RS. Torabelo, dr. Eko Larope dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, dr. Rika F. Sakaruddin. (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker