KESEHATAN

Diacara Stunting, Wabup Dapat Kejutan Tim Promkes Sigi Berupa Kue Ulang Tahun

SIGI, Celebespos.com – Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi membuka secara resmi kegiatan penilaian kinerja aksi konvergensi percepatan penurunan stunting Kabupaten Sigi tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Pemancingan Nagaya, Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Rabu (15/6/2022) pagi.

Ketua tim panelis penilaian kinerja aksi konvergensi percepatan penurunan stunting Provinsi Sulawesi Tengah, Hasiaty Ponulele mengatakan bahwa dalam rangka mengukur kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi, maka dilakukan penilaian kinerja pada bulan Juni 2022, khusus untuk pelaksanaan aksi 1-8 Tahun 2022.

Penilaian kinerja penurunan stunting, kata dia, merupakan suatu proses atau kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting dengan menggunakan instrumen penilaian berdasarkan indikator dan periode waktu yang ditetapkan.

Mengenai tujuan dari penilaian tersebut yakni mengukur tingkat kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting, memastikan akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting, mengevaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting dan mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting.

Senada, Wabup Samuel Yansen Pongi dalam sambutannya mengatakan prevalensi stunting Kabupaten Sigi berdasarkan survey e-PPGBM secara umum dari tahun 2019 sampai 2021 mengalami penurunan, data prevalensi stunting tahun 2019, sebesar 20,2%, tahun 2020, sebesar 16,5%, dan tahun 2021, sebesar 14,4% dan secara umum pada 19 (sembilan belas) wilayah Puskesmas di Kabupaten Sigi mengalami penurunan prevalensi, kecuali pada Puskesmas Kantewu dan Puskesmas Gimpu.

Kabupaten Sigi sebagai Kabupaten lokus tahun Ke-Tiga telah menyelesaikan 8 (delapan) aksi, yaitu : Analis Situasi (ANSIT), Penyusunan/pemetaan rencana program/kegiatan, pelaksanaan rembuk stunting, penyusunan dan penetapan Peraturan Bupati Tentang peran desa, pelaksanaan pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM), Manajemen Data, publikasi stunting dan pelaksanaan review kinerja stunting.

Pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) telah memberikan hasil yang cukup menggembirakan dan hal itu menunjukkan bahwa pemerintah daerah telah melakukan berbagai usaha dan upaya untuk terus menyediakan berbagai pelayanan yang terbaik di bidang kesehatan salah satunya dengan program inovasi 1(satu) Kecamatan 1 (satu) Dokter.

Wabup Samuel berharap melalui kegiatan ini, kiranya dapat memberikan rumusan dan masukan yang konstruktif yang dapat membawa kemajuan serta perbaikan dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Sigi.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi stand pameran yang ada disekitaran tempat kegiatan dan yang tak kalah menarik, Wabup SYP sapaan akrabnya, mendapatkan hadiah kejutan berupa kue ulang tahun dari tim Promkes Sigi sebagai wujud bertambahnya usia orang nomor dua di Kabupaten Sigi yang ke 47 tahun.

Hadir pada kesempatan itu, Tim Panelis Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Tengah, Tim Peserta Peninjau (Kabupaten Donggala, Kota Palu) dan Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Sigi atau yang mewakili. (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker