KESEHATAN

Penyusunan Rencana Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Kab. Sigi 2021

SIGI, Celebespos.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh Basir, bersama Ketua TP-PKK Kab. Sigi, Hj. Hazizah, S.M, Ka Subbid Perencanaan Ekonomi II, Moh. Saleh N. Lubis, Tim Iney Regional V Makassar, Heriady, didampingi Kabid Sosial Budaya BP3D Sigi, Miar Permana dan Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, dr. Rika F. Sakaruddin & Kabid Sosbud BP3D Sigi selaku pemfasilitasi, menggelar pertemuan Penyusunan Rencana Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sigi Tahun 2021 (Aksi 2 Penyusunan Rencana Kegiatan).

Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing Bangsa. Hal ini dikarenakan, anak stunting bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya, yang mana tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreatifitas pada usia-usia produktif.

Olehnya itu, Sekretaris Daerah Sigi selaku Pemerintah Daerah, Senin, (26/4/2021) siang, saat membacakan sambutan mengajak seluruh masyarakat untuk benar-benar fokus pada pencegahan stunting tersebut. Dimana hal ini tentu, menjadi tanggung jawab seluruh stakeholder untuk mengambil peran sekecil apapun dalam upaya penanganan stunting.

Sekab Muh Basir, menambahkan bahwa pembangunan kesehatan adalah salah satu bagian dari pembangunan Nasional, agar tercapainya pembangunan kesadaran dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

Prioritas pembangunan kesehatan, sesuai RPJMN Bidang Kesehatan adalah penurunan angka kematian ibu dan anak, angka kematian bayi, perbaikan gizi khusunya stunting pengendalian penyakit menular dan pengendalian penyakit tidak menular.

Sebagai upaya penanganan stunting di Kabupaten Sigi, lanjut Sekab Sigi, pencegahan stunting dilakukan melalui dua intervensi yakni intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif.

Ditempat yang sama, Kabid Kesmas dr.Rika FS menambahkan,Mempersiapkan generasi sehat tidaklah mudah, karena sampai saat ini masalah stunting masih menjadi momok. Olehnya itu, untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan stunting di Kabupaten Sigi, kita harus bekerjasama melalui aksi konvergensi dan terintegrasi demi mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Pertemuan Kolam Pemancingan Nagaya, Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo ini dihadiri juga dari Perwakilan Kepala Bappeda Propinsi Sulawesi Tengah, serta beberapa Perwakilan Pimpinan OPD Se Kabupaten Sigi.(Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker