UIN Palu-Pasangkayu kerja sama tingkatkan kualitas hidup masyarakat

oleh -302 Dilihat
SHARE :

Palu,- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kabupaten tersebut.

Rektor UIN Datokarama Profesor Kiai Haji Lukman S Thahir, di Palu, Kamis, mengemukakan bahwa kerja sama tersebut merupakan bentuk keterbukaan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu dan keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan kualitas hidup masyarakat.

“Hal ini menjadi satu komitmen kuat dari Pemerintah Kabupaten Pasangkayu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) generasi muda, demi menciptakan masyarakat yang berdaya saing unggul secara intelektual, moral, spiritual, dan keterampilan,” ucap Profesor Lukman Thahir.

Kerja sama antara UIN Datokarama dengan Pemerintah Kabupaten Pasangkayu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understunding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UIN Datokarama Profesor Kiai Haji Lukman Thahir, dengan Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa.

Kerja sama ini tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, berlangsung di Rektorat UIN Datokarama, di Palu, Kamis (4/4).

Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi program pendidikan S1, S2 dan S3. Kemudian, program penelitian dan pengabdian masyarakat, serta pengembangan kualitas pendidikan di Pasangkayu.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Di samping itu, kerja sama tersebut dengan tujuan meningkatkan sumber daya dan fasilitas yang ada pada masing – masing pihak, guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Rektor mengatakan kerja sama ini menjadi salah satu pintu masuk bagi generasi muda di Pasangkayu untuk melanjutkan studi pendidikan di UIN Datokarama pada jenjang strata satu maupun strata dua.

Tidak hanya generasi muda, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Pasangkayu juga dapat melanjutkan studi pada jenjang strata dua dan strata tiga di UIN Datokarama Palu.

“Pada ruang lingkup pendidikan, UIN Datokarama membuka pintu seluas – luasnya untuk masyarakat dan ASN Pasangkayu mengenyam pendidikan di semua jenjang S1, S2 dan S3,” ungkapnya.

Sementara untuk ruang lingkup penelitian, UIN Datokarama akan berkolaborasi dengan Pemda Pasangkayu melaksanakan riset di masyarakat, untuk menopang upaya pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan.

Berikutnya, terkait pengabdian kepada masyarakat, UIN Datokarama akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik moderasi beragama dan KKN Tematik Stunting di wilayah kabupaten tersebut.

KKN tematik menjadi salah satu pendekatan, selain UIN Datokarama juga akan melaksanakan pembinaan wawasan, moral, spiritual dan keterampilan masyarakat di kabupaten tersebut.

“Oleh karena itu, kerja sama ini juga menjadi upaya mengoptimalkan kontribusi UIN Datokarama dalam menopang percepatan pembangunan manusia secara berkelanjutan, yang diselenggarakan oleh Pemda Pasangkayu,” kata Profesor Lukman.

Profesor Lukman menyampaikan terima kasih kepada Pemda Pasangkayu dan Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa yang telah bersedia menggandeng UIN Datokarama untuk percepatan pembangunan daerah.

Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa menyampaikan terima kasih kepada UIN Datokarama yang telah bersedia bekerja sama untuk membantu Pemda Pasangkayu.

Ia berharap kerja sama ini tidak hanya menguatkan hubungan antar lembaga dan antar instansi, melainkan, menjadi satu solusi dalam mengatasi permasalahan pembangunan manusia di Pasangkayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.