KESEHATAN

Sigi Gratiskan Rapid Tes Antigen Bagi Warganya

SIGI, Celebespos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menggratiskan rapid tes bagi seluruh warganya yang ber-KTP/domisili di Kabupaten Sigi. Hal itu dikatakan Bupati Mohamad Irwan pada media ini, Kamis (9/9/2021) waktu setempat.

“Mulai hari ini akan dibuka pos pelayanan rapid tes antigen gratis di posko covid-19 Kabupaten, atau tepatnya di Klinik Gusdur di Desa Tulo, Kecamatan Dolo,“ Ungkap, Bupati Mohamad Irwan.

Untuk ketersediaan rapid tes antigen, Kata Bupati, selain berasal dari Dinas Kesehatan, kita juga banyak di bantu oleh pihak BPBD Provinsi.

Sebelumnya, dalam rangka peningkatan upaya Testing dan Tracing sebagai bagian proses penyelidikan epidemiologi dan pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, menetapkan penggunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen, sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis dan skrining COVID-19 dalam kondisi tertentu. Hal ini juga tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/446/2021 tentang Penggunaan Rapid Diagnostic Test Antigen dalam Pemeriksaan COVID-19.

Lanjut, menurut Bupati Mohamad Irwan, langkah ini di ambil sebagai upaya bersama dalam rangka peningkatan Testing dan Traching, yang bagian proses pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Sekali lagi kami katakan bahwa tes ini di berlakukan gratis bagi seluruh warga Sigi, cukup dengan membawah KTP Sigi, rapid tes gratis ini juga berlaku bagi ASN, TNI/Polri hingga Karyawan Swasta yang bekerja di Sigi,“ Jelasnya lagi.

Bupati Sigi ini berharap, segala upaya yang dilakukan mulai dari penerapan protokol kesehatan, pemberlakuan jam malam, percepatan vaksinasi hingga peningkatan upaya 3T (testing, tracing dan treatment) diseluruh wilayah Kabupaten Sigi, mampu menekan angka kasus konfirmasi covid-19 di wilayah Kabupaten Sigi. (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker