POTRET

Catatan Pasca Pilkada Sigi 2020

Oleh, HARIMAN S. YABU

SIGI, Celebespos.com – Tercapainya tingkat partisipasi pasca Pilkada Kabupaten Sigi tahun 2020 salah satunya tak lepas dari dominasi keterlibatan kalangan perempuan dan para pemuda milenial.

faktor lain yang mempengaruhi tingginya partisipasi yakni efektifnya sosialisasi lewat media sosial yang didorong tingginya kesadaran masyarakat untuk memilih.

Berbeda dengan pilkada sebelumnya, tingkat partisipasi perempuan dan pemuda milenial tidak seperti biasanya. Pilkada sudah beberapa bulan berlalu, tapi para perempuan dan pemuda masih tetap dengan topik utama yakni diskusi soal pilkada setiap berkumpul tatap muka dan di media sosial pun seperti itu.

Mungkin dikarenakan sugesti politik yang menyentuh langsung dihati para perempuan dan pemuda milenial ini. Ditambah lagi, Visi dan Misi serta program – program kandidat mengedepankan pemberdayaan perempuan dan pemuda.

Faktor figur calon kepala daerah juga tak kalah penting dalam mendorong pemilih ke TPS, terutama paslon yang memang totalitas mempromosikan diri selama masa kampanye.

Faktor keamanan dari TNI/Polri juga membuat pemilih merasa terjamin aman datang ke TPS.

Saya mengetahui persis apa keinginan mereka saat sekarang ini dan dimasa akan datang.

Dalam benak pikiran, wadah untuk para perempuan dan pemuda lebih di perbanyak lagi, sesuai dengan hobi dan latar belakang perempuan dan pemuda itu sendiri.

Suport dan dukungan dari pemerintah yang selalu turun sampai pelosok wilayah Sigi dan berbaur langsung dengan masyarakat sebelum dan sesudah terpilih. Olehnya akan menjadi motifasi dan inspirasi perempuan dan pemuda.

Tak hanya itu, kekuasaan yang tidak diawasi akan melahirkan kesewenang – wenangan. Simpul dari kelompok pemuda, agamawan dan organisasi sosial harus terus berperan dalam menggerakkan masyarakat untuk kemajuan daerah ini.

Bila rakyat berdaulat dalam mengawasi kebijakan, sebenarnya demokrasi substansial bisa kita wujudkan. Tanpa kesadaran kritis yang dibalut dengan peran pengawasan kebijakan, kita masih menyisahkan satu kaki dalam demokrasi prosedural.

Pengalaman kita berbangsa dan bernegara tentu saja tidak hanya diikat teknis, tetapi juga substansi. Selamat untuk kepala daerah Sigi yang dilantik (Irwan – Samuel). (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker