Polda Sulteng Sebut Pemodal PETI Di Buranga Oknum Warga Bombana

oleh -805 Dilihat
SHARE :

PALU, Celebespos.com – Polisi sudah menetapkan lima orang sebagai tersangka, dua dilakukan penahanan dan tiga masih dalam pencarian terkait penyidikan pertambangan tanpa ijin (PETI) di Desa Buranga Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong.

Demikian diungkapkan Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Polisi Didik Supranoto melalui keterangan resmi kepada media di Palu, Rabu (17/3/2021).

“Penyidik Polres Parigi Moutong telah menetapkan lima orang sebagai tersangka dugaan tindak pidana pertambangan ilegal di Desa Buranga Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong”

Didik juga mengatakan kegiatan pertambangan ilegal yang sempat menelan enam korban meninggal dunia karena tertimbun longsoran itu terjadi pada 24 Pebruari 2021, korban rata-rata adalah penambang emas yang dilakukan dengan cara mendulang.

Dilokasi tambang emas ilegal di Buranga juga telah ditemukan empat unit alat berat jenis excavator dan diketahui ada keterkaitan dengan aktifitas pertambangan yang mereka lakukan, jelas Didik

Mantan Wadirreskrimum Polda Sulteng ini juga menerangkan, dua orang yang ditetapkan tersangka berinisial JMN warga Sengkang Sulsel dan MDL warga Sausu Kab. Parigi Moutong keduanya operator excavator, sementara tiga tersangka yang masih dalam pencarian adalah BBT merupan pemodal warga Bombana Sulawesi Tenggarara, KHR dan DE operator excavator warga asal Sulsel.

Turut disita polisi adalah empat unit excavator, satu unit mesin dompeng dan selang air,

“Terhadap tersangka, penyidik menjerat sebagaimana pasal 158 dan 161 UU Nomor 3 tahun 2020 tentang Minerba dan pasal 98 UU No.32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan lingkungan hidup dengan ancana pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 10 Milyar“. tutup Kabidhumas Polda Sulteng (Hms/Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.