Upaya Peningkatan SDM, Riset dan Inovasi Bupati, Amirudin MoU Bersama Universitas Padjajajaran

oleh -74 Dilihat
SHARE :

BANGGAI,-Pemerintah Kabupaten Banggai melakukan upaya percepatan Peningkatan Sumber Daya Manusia, Riset dan Inovasi melalui upaya sinergitas dan kolaborasi dengan Universitas Padjajaran yang ditandai dengan Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO dengan Rektor Universitas Padjajaran, Prof. Dr. Rina Indiastutii, SE., M. SIE, Bandung, Rabu (21/2/2024).

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO diterima langsung oleh Rektor Universitas Padjajaran, Prof. Dr. Rina Indiastuty, SE., M.SIE, yang didampingi Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan, Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani., MAIR., P.hd, dan Direktur Organisasi dan Korporasi, Prof. Dr. Tomy Perdana, S.P., MM diruang di ruang Executive Lounge Universitas Padjajaran Kampus Iwa Koesoemasoemantri.

Didalam sambutannya, Bupati Banggai, Amirudin memaparkan secara singkat potensi wilayah Kabupaten Banggai kepada Rektor dan jajarannya serta menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang hangat dan penuh keakraban dari jajaran Rektorat Universitas Padjajaran. Lebih lanjut Bupati Amirudin menyampaikan harapannya setelah ditandatanganinya Nota kesepakatan bersama ini “Dengan Kerjasama ini merupakan salah satu upaya kita bersama untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Banggai melalui peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan bagi anak-anak kita Lulusan SMA atau sederajat serta peningkatan Akses Pendidikan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada jenjang Strata Dua dan Starata Tiga sesuai dengan Misi Pertama Pemerintah Kabupaten Banggai yaitu Membangun Sumber Daya Manusia Berkualitas, Produktif dan Sejahtera di Kabupaten Banggai”

Terkait dengan Penelitian, Amirudin menyampaikan bahwa telah membentuk Organisasi Perangkat Daerah Baru di Kabupaten Banggai yang khusus mengurusi Riset dan Inovasi Daerah sehingga lebih fokus dan hasil-hasil riset diharapkan dapat memberikan masukan terhadap kebijakan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah termasuk nantinya hasil-hasil riset dari Universitas Padjajajaran yang akan kita kerjasamakan bersama.

“Saya menginginkan adanya Tim dari Universitas Padjajaran untuk melakukan Penelitian di Kabupaten Banggai sehingga dapat memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah terkait dengan Potensi yang perlu digali dan dikembangkan untuk peningkatan Pendapatan Daerah serta Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat berbasis Potensi Wilayah.” Ucap, Amirudin.

Lebih lanjut, Bupati, Amirudin berharap adanya penempatan KKN Tematik di Kabupaten Banggai sebagai bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Padjajaran untuk mengidentifikasi potensi ekonomi dan pariwisata yang dapat dikembangkan serta dipasarkan untuk meningkatkan pendapatan daerah dan Kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah kita tandatangani Kerjasama hari ini, ada hasil yang kita capai dan saya telah memerintahkan Kepala Badan Riset dan Inovasi dan jajarannya agar besok segera dibahas Perjanjian Kerjasama untuk menindaklanjuti Kesepakatan Bersama ini sehingga sudah mulai ada Langkah yang akan dilakukan setelah tiba kembali di Luwuk”

Didalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Padjajaran, Prof. Dr. Rina Indiastuty, SE., M.SIE, menyampaikan ucapan selamat dating dan Apresiasi kepada Bupati Banggai atas Langkah kolaborasinya didalam meningkatkan SDM, Riset dan Inovasi di Kabupaten Banggai, lebih lanjut Rektor berharap, ada realisasi yang bisa dilakukan untuk terwujudnya kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. Kerja sama yang terjalin juga diharapkan dapat menghasilkan manfaat bagi kemajuan bangsa, Unpad terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabidan kepada masyarakat. Unpad juga terus mengembangkan diri melalui kolaborasi bersama mitra. Untuk itu, kerja sama dengan Kabupaten Banggai juga dapat terus berkembang.

“Unpad berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan reputasi dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Melalu banyak mitra kami yakin ada benefit bersama baik bagi Unpad maupun mitra kami, termasuk Kabupaten Banggai yang kedua belah pihak pasti akan diuntungkan atas kerja sama ini,” kata Rektor.

Dalam Kegiatan tersebut, Bupati Banggai didampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Banggai, Andi Nur Syamsy Amir, Staf Khusus Bupati Bidang Hukum, Abdul Ukas Maruki, Sekretaris Brida Kab.Banggai, Muh. Iksan Budiono, Kepala Bagian Kerjasama Setda Kab.Banggai, Fahmi Arifudin Rizal, Kepala Bagian Umum Setda Kab.Banggai, Yudhi Sudarta dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kab.Banggai, Muh. Rifai Lasore.

Mengakhiri pertemuan tersebut, Bupati Amirudin memberikan cendera mata berupa Kain Tenun Nambo dan plakat Pemerintah Daerah kepada Rektor Universitas Padjajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.