Dispora Sigi Gelar Pelatihan Pemuda Relawan

oleh -545 Dilihat
SHARE :

SIGI, Celebespos.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sigi menggelar pelatihan pemuda relawan dimulai tanggal 8 – 11 November 2023. Pelatihan yang digelar di wisata air panas Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota itu, bertujuan untuk menumbuhkan sikap dan karakter sukarela pemuda yang mampu berkontribusi nyata dalam upaya penanggulangan bencana alam. Pelatihan diikuti oleh unsur pemuda relawan siaga bencana di enam kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur kepemudaan relawan pendidikan, olahraga hingga sosial kemasyarakatan.

Dengan mengangkat tema “Pemuda Inspiratif dan Inovatif” para peserta dibekali dengan materi-materi yang dapat membantu para peserta untuk menjadi relawan siaga seperti tahapan-tahapan dalam tindakan mitigasi bencana dan mekanisme penanggulangan bencana, penguatan stakeholder yang terkait dalam penanganan bencana, tindaklanjut paska penanggulangan bencana, praktek pertolongan pertama serta simulasi mengenai upaya-upaya penanggulangan bencana dan evakuasi pasca bencana.

Bupati Sigi melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andi Ilham, S.Sos.,MM menyahuti kegiatan pelatihan tersebut mengingat, banyak dan besarnya potensi kebencanaan di daerah Kabupaten Sigi, sehingga hal ini dinilainya sangat tepat dilaksanakan pelatihan pemuda relawan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap dan karakter sukarela pemuda yang mampu berkontribusi nyata dalam upaya penanggulangan bencana,“ kata Andi Ilham saat menyampaikan sambutannya, di Aula Dinas Pariwisata Sigi, Desa Bora, Kec. Sigi Kota, Rabu pagi, (8/11/2023).

Dirinya berharap dengan diadakannya pelatihan ini, pemuda dan pemudi Kabupaten Sigi memiliki kemandirian untuk beradaptasi dan bersiap siaga menghadapi ancaman bencana, serta dapat melakukan langkah-langkah antisipatif untuk mengurangi dampak bencana.

“Implementasinya, pemerintah dan masyarakat serta pemuda dapat merencanakan pembangunan serta upaya pemulihan yang relevan, rehabilitasi dan rekonstruksi yang mengandung aspek-aspek pencegahan kesiapsiagaan, kedaruratan dan logistik,“ imbaunya.

“Gali sebanyak mungkin informasi yang bisa diperoleh dari narasumber dan yang paling penting adalah peserta berkomitmen untuk mengikuti kegiatan sampai selesai“. pesan dia.

Usai menyampaikan sambutan, Asisten I Andi Ilham yang juga sebagai Plh. Kadis Kominfo Sigi, memberikan wejangan dengan kapasitasnya sebagai pemateri dalam pelatihan pemuda relawan tersebut.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan kali ini yakni Kadispora Sigi, Jufrin, didampingi Kepala Bidang Kepemudaan, Moh. Rozani dan para pemuda relawan yang mengikuti pelatihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.