Pencanangan Kawasan Megalit Diharapkan Dapat Dijadikan Bumi Perkemahan Pramuka Tingkat Nasional

oleh -503 Dilihat
SHARE :

POSO, Celebespos.com – Gubernur Rusdy Mastura secara resmi mencanangkan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai Negeri Seribu Megalit, bertempat di Lembah Bada, Desa Kolori, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, pada Selasa (10/10).

Di kesempatan itu, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, berharap kegiatan ini dapat mewujudkan penetapan warisan budaya dunia Megalit di Kawasan Lore-Lindu oleh Unesco, serta meningkatkan pemajuan kebudayaan demi tercapainya indeks pembangunan kebudayaan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Ia pun menginstruksikan Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang terkait, membuka akses jalan di wilayah Lore Bersaudara.

“Sekian puluh tahun jalan di wilayah ini tidak pernah ketemu,“ terangnya.

Selain itu, beliau berharap kawasan Megalit dapat dijadikan sebagai Bumi Perkemahan Pramuka tingkat Nasional.

Disatu sisi, Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang, mengucapkan terima
kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah atas dukungan untuk pelestarian situs cagar budaya di Kabupaten Poso, sehingga menjadi ikon pariwisata andalan Sulawesi Tengah.

“Tujuan kegiatan ini untuk pelestarian warisan budaya dunia dan peningkatan kesadaran tentang pentingnya warisan megalitik“. ujar dr. Verna dalam laporan Ketua Panitia, Rudi Dewanto di sela-sela kegiatan.

Diketahui, sejumlah pejabat hingga unsur Kementerian turut hadir dalam pencanangan tersebut. Pejabat yang dimaksud antara lain, pihak Kemenparekraf RI dan Kementerian Pendidikan dan Ristek, Wakil Ketua DPRD Sulteng, Unsur Forkopimda Sulteng dan Kabupaten Poso, Para Bupati/Walikota se Sulteng, para Tokoh Adat, Tokoh Pemuda hingga Pemuka Agama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.