Potret Warga Muhammadiyah Ranting Petobo Gelar Shalat Id 1444 H

oleh -435 Dilihat
SHARE :

PALU, Celebespos.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat (21/4/2023) hari ini.
Tak terkecuali warga Muhammadiyah Ranting Petobo yang melakukan Shalat Idul Fitri di Masjid Al-Muhajirin Kota Palu.

Ketua Muhammadiyah Ranting Petobo, Usman Nampa, mengatakan ratusan jemaah hadir bersama-sama melaksanakan shalat Id tersebut. Barisan shaf shalat Id pun nampak penuh hingga pintu masuk gedung masjid.

Sekitar pukul 07.00 wita shalat Id pun di mulai dengan menjadi khatib yakni Ustad Muhammad Zulfikar, S.Pd.I dengan mengangkat tema “Peningkatan Taqwa Dalam Upaya Perbaikan Diri”.

Diketahui, penetapan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 ini berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah. Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri pada Sabtu, 22 April 2023 besok.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama, di Jakarta, Kamis sore, 20 April 2023.

Sementara itu, warga Muhammadiyah merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah pada 21 April 2023 hari ini. Perbedaan waktu perayaan lebaran Idul Fitri ini dikarenakan metode penentuannya yang berbeda.

Muhammadiyah sendiri menentukan awal bulan dengan metode hisab. Sementara pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode rukyatul hilal.

Terkait adanya perbedaan ini, Menteri Agama RI mengimbau masyarakat dan para pemuka agama untuk tidak meributkan dan tetap saling menghargai. (Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.