Sensasi Malam Pergantian Tahun Dengan Kemunculan Hewan Molokoimbu di Desa Leme-Leme Bungin

oleh -1259 Dilihat
Keterangan Foto : Tangkapan layar kamera saat malam pergantian tahun melalui ponsel warga sekitar yang menyaksikan langsung kemunculan hewan laut Molokoimbo di Desa Leme-Leme Bungin, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan, tanggal 1 Januari 2023 tepatnya pukul 00.00 WITA. (Dok/Abd. Haris Mangantjo)
SHARE :

BANGKEP, Celebespos.com – Negara Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, adat dan budaya, serta banyak menyimpan hal-hal mistis di setiap daerah yang memiliki luas wilayah laut lebih besar dari daratan tersebut. Salah satunya, di Desa Leme-leme Bungin, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Konon, setiap malam pergantian tahun atau tepatnya di pukul 00.00 Wita (jam 12 malam). Kemunculan setan laut yang dinamakan warga sekitar hewan “MOLOKOIMBU” benar-benar nyata dan nampak secara kasat mata dihadapan manusia.

Tak perlu sesajian ataupun cara-cara lain memancing MOLOKOIMBU itu keluar dari dasar laut. Setiap malam pergantian tahun, hewan tersebut muncul di depan dermaga pelabuhan dengan jarak 100 hingga 200 meter di Desa Leme-Leme Bungin, Kecamatan Buko.

Dari penuturan beberapa penduduk lokal yang berada diwilayah sekitar, hewan MOLOKOIMBU dengan bentuk seperti gurita namun hanya memiliki tiga tangan itu sudah muncul sejak puluhan tahun yang lalu, bahkan sejak belum adanya bunyi-bunyi petasan ataupun terompet kembang api serta listrik di desa tersebut pun belum ada.

“Memang setan laut yang disebut hewan MOLOKOIMBU itu selalu muncul jikalau malam pergantian tahun, makanya kalau malam tahun baru nelayan disini tidak ada yang turun melaut untuk mancing,“ kata Aswan Halusi yang merupakan mantan Kades Leme-leme Bungin, Rabu (4/1/2023) waktu setempat.

Bahkan kata dia, kemunculan hewan MOLOKOIMBU di Desa Leme-leme Bungin juga terlihat di wilayah Kecamatan Buko atau di desa-desa tetangga lainnya.

“Itu bukan lampu kembang api ataupun nelayan yang berada ditengah laut, itu merupakan setan laut atau yang kami sebut disini, hewan MOLOKOIMBU. Kadang dia muncul tinggi seperti tower berwarna merah dan terkadang bergonta-ganti warna juga,“ jelasnya.

“Tak hanya warga sekitar saja, bahkan dari luar daerah, seperti dari Nambo wilayah Kabupaten Banggai, juga datang kesini hanya untuk menyaksikan kemunculan MOLOKOIMBU tersebut“. jelasnya.

Tak hanya sampai disitu, sebelumnya tim penulusuran Celebespos.com yang sudah berada dilokasi Desa Leme-Leme Bungin menjelang pergantian tahun baru sejak beberapa hari lalu, menyaksikan langsung keberadaan setan laut hewan MOLOKOIMBU tersebut. Banyak warga yang berbondong-bondong datang ke pantai dan dermaga pelabuhan. Dan hasilnya, hewan yang warga sekitar namakan MOLOKOIMBU tersebut, pun benar adanya dan nampak keluar dari dasar laut disaksikan secara kasat mata dengan bergonta-ganti warna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.