Guru di Kulawi Selatan Sambut Baik Program Indonesia Mengajar

oleh -1139 Dilihat
SHARE :

SIGI, Celebespos.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi menyambut baik hadirnya program Indonesia Mengajar (IM), yang di tugaskan di wilayah tersebut yang masing-masing di tempatkan diwilayah Kecamatan Palolo, Pipikoro, Lindu dan Kulawi Selatan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi, Safriansyah terhadap 8 pengajar muda dalam hal keterlibatan Dinas Kominfo terkait temuan kondisi jaringan di daerah Penempatan Pengajar Muda selama 6 bulan demi menunjang keberlangsungan pendidikan.

“Ini sangat membantu daerah dalam mengatasi kekurangan guru khususnya di wilayah terpencil,“ ucap Kadis Safriansyah, Rabu (30/3/2022).

“Program ini sangat baik dan memberikan manfaat besar dalam proses peningkatan sumber daya manusia yang unggul,“ ungkap Kadis.

Adapun Yayasan Indonesia Mengajar mengirim delapan orang pengajar muda yang tersebar di wilayah Kecamatan Pipikoro, Kulawi Selatan, Lindu dan Kecamatan Palolo, untuk membantu optimalisasi penyelenggaraan pembelajaran di Sekolah Dasar (SD).

Safriansyah mengakui bahwa, pemerintah daerah khususnya sekolah dasar di wilayah terpencil di Sigi yang menjadi sasaran program Indonesia Mengajar, sangat terbantu atas hadirnya para pengajar muda.

“Pembangunan sumber daya manusia, tidak bisa terlepas dari dukungan ketersediaan guru atau tenaga pengajar,“ ujarnya.

Meskipun bukan ranah kami selaku Dinas yang membidangi, tetapi kata dia, kehadiran para pengajar muda dari program Indonesia Mengajar, tentu akan memberikan satu kolaborasi dalam mengisi kekosongan guru-guru mata pelajaran di sekolah dasar yang mengalami kekurangan guru. Dengan begitu, diharapkan ada pertukaran informasi yang berdampak pada peningkatan pengetahuan dan sumber daya generasi muda di wilayah terpencil.

Berkaitan dengan hal ini, Oskar selaku Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kec. Kulawi Selatan dalam giat K3S/KKG di SD Inpres 2 Lawua membeberkan, hadirnya para pengajar muda yang didatangkan dari berbagai daerah yang ada ditanah air, sangat membantu pihaknya dalam proses belajar dan mengajar di sekolah.

“Kami sangat terbantu dan banyak ilmu yang kami dapatkan dari mereka. Pihak orang tua/wali murid pun memberikan ucapan terima kasih kepada mereka. Intinya mereka sangat berbaur dengan masyarakat,“ ujarnya.

Ia berharap program Indonesia Mengajar dapat dilanjutkan oleh Pemerintah Pusat, utamanya dalam kegiatan kelompok kerja guru, sehingga guru terjun langsung dengan melibatkan peserta didik.

“Banyak materi strategi pembelajaran yang belum pernah didapatkan oleh pihak guru namun dengan adanya pengajar muda tersebut sehingga bisa didapatkan,“ terang Oskar.

Adapun kegiatan K3S/KKG tersebut berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 28-29 Maret 2022, yang diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah dan Guru yang mengabdi di seluruh SD di wilayah Kec. Kulawi Selatan. (Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.