Dekranasda Parimo Lestarikan Tenun

oleh -1012 Dilihat
SHARE :

PARIGI MOUTONG, Celebespos.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) lestarikan tenun hingga bisa membuat motif tenun tersendiri.

Hal itu disampaikan Ketua Dekranasda Parimo, Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu dalam obrolan budaya bersama RRI Tolitoli dengan mengangkat tema “Pengembangan Budaya dan Wisata di Parigi Moutong” baru baru ini, di Lolaro Tinombo, Sabtu (12/3/2022).

Kata Ketua Dekransda mengatakan pembuatan tenun dengan termotif tersendiri untuk di Sulawesi Tengah awalnya dari Kabupaten Donggala, sehingga Kabupaten Parigi Moutong termotivasi untuk membuat tenun dengan motif tersendiri pula.

“Kita sudah mempunyai pengrajin tenun, meskipun masih dalam taraf pembinaan dan perbaikan-perbaikan, tetapi paling tidak sudah mengetahui cara membuat tenun dengan motif khas tersendiri, dan itu sudah luar biasa, karena tenun salah satu seni yang bisa dilakukan semua orang,“ terangnya.

Para pengrajin di Parigi Moutong mampu membuat beberapa tenun motif tersendiri, salah satunya motif Parigata.

“Parigi Moutong ikonnya adalah Parigata, sehingga kita juga membuat motif tersebut dan memang masih rumit, tetapi terus dilakukan pembetulan-pembetulan hingga mencapai kesempurnaan utamanya bentuk ciri khasnya, dan kita masih menggunakan manual atau cara tradisional“. tandas Ketua Dekranasda Parimo itu. (IKP/Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.