Serahkan Bansos Bagi Penyandang Disabilitas

oleh -1099 Dilihat
SHARE :

SIGI, Celebespos.com – Bupati Sigi, Mohamad Irwan kembali memenuhi undangan reses yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan sosial oleh Anggota Komisi VIII DPR-RI, Matindas J. Rumambi yang berlangsung di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Nipotowe Palu, Desa Kalukubula, Kec. Sigi Biromaru, Selasa (8/3/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Mohamad Irwan menyampaikan apresiasi pada Kementerian Sosial (Kemensos) atas bantuan pada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Sigi senilai Rp. 157.600.000. Adapun rinciannya yakni bagi Lansia sebanyak Rp. 65.200.000, bagi penyandang disabilitas Rp. 76.500.000 dan yatim piatu Covid-19 sebesar Rp. 15.900.000 sesuai peraturan Menteri Sosial (Mensos) RI Nomor 16 Tahun 2020 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi).

Bupati menuturkan Atensi merupakan layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas atau residensial melalui sebuah kegiatan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial dan pengasuh anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, terapi bagi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bansos, atensi sosial serta dukungan aksebilitas.

“Harapan saya melalui bantuan ini, dapat meringankan beban bagi para penerima dan dapat bermanfaat sesuai sasaran penerima,“ tutur Bupati Sigi.

Sementara Matindas J. Rumambi selaku Anggota Komisi VIII DPR-RI dihadapan para penerima manfaat menyampaikan Bupati Mohamad Irwan merupakan salah satu kepala daerah yang mensupport fasilitas kendaraan bermotor bagi PKH.

Matindas berharap program yang telah disepakati antara Komisi VIII dengan Kemensos terkait percepatan penyaluran bantuan sosial ini terus berjalan dengan baik kedepannya, “Salah satu tugas kami adalah melakukan pengawasan, dari anggaran Rp. 218 miliar yang dianggarkan untuk Sulawesi Tengah melalui program ini, dimana kita pastikan ini semua benar-benar terlaksana dengan baik dan tepat sasaran (berdasarkan data yang sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku),“ ungkap Matindas.

Adapun penyerahan bantuan kali ini disaksikan langsung Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos RI, Dr. Kanya Eka Santi, Perwakilan Dinsos Provinsi Sulteng, Kadis Sosial Kabupaten Sigi, Ariyanto, Kepala Balai Nipotove Palu serta pihak LKS dan Yayasan Kabupaten Sigi dan Kota Palu. (Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.