Topang Logistik IKN, Parimo Siap Jalin Kerjasama

oleh -471 Dilihat
SHARE :

PARIGI MOUTONG, Celebespos.com – Dalam waktu dekat, tepatnya tanggal 28 Februari 2022 – 3 Maret 2022 mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong akan bertolak ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur guna melakukan kunjungan kerja sekaligus membangun kerjasama atau kesepakatan bersama antara Pemkab Parigi Moutong dengan Pemkab Penajam Paser Utara terkait penopang/penyangga logistik beberapa kebutuhan bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim.

Kepastian pemberangkatan ke Kaltim itu disepakati pada rapat final chek yang berlangsung di Aula Bappelitbangda Parimo, Kamis (24/2/2022) waktu setempat.

Kepala Bappelitbangda Parimo, Irwan saat memimpin rapat mengatakan, sesuai usulan awal Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Parimo bahwa ada beberapa yang menjadi tempat kunjungan di Kaltim, dan menjadi prioritas adalah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Irwan mengaku, dikarenakan waktu sangat singkat dan juga pertimbangan Samarinda sangat membutuhkan pasokan pangan dari Kabupaten Parimo, sehingga yang tadinya Prioritas Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara dirubah dan disepakati menjadi prioritas adalah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Samarinda untuk dikunjungi.

“Untuk Kabupaten lain di Kaltim tetap akan dilakukan kerjasama yang disesuaikan dengan permintaan atau kebutuhan masing-masing daerah, dalam kata lain bisa dilakukan di lain waktu,“ ucap Irwan

“Yang sangat di prioritaskan pertama dan utama adalah Kabupaten Penajam Paser Utara karena disana pusat Ibu Kota Negara dan Pusat Pemerintahannya. Kedua Kota Samarinda. Mengapa dipilih Kota Samarinda?, karena ternyata Kota Samarinda sangat membutuhkan pasokan pangan utamanya beras, jagung dan lain lain,“ urainya.

Dalam ruang lingkup, sambung Irwan, tertuang dalam kesepakatan bersama yang meliputi bidang pemenuhan kebutuhan pangan bagi IKN, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Industri Perdagangan dan Investasi, Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Pengembangan Sumber Daya Manusia termasuk peningkatan mutu kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bidang lain yang disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan para pihak dikemudian hari.

Terlebih kata Irwan, adapun tim yang akan berangkat ke Kaltim adalah unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong. Untuk data sementara sebanyak 14 orang diantaranya, Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Tenaga Ahli Kabupaten Parigi Moutong, Bank Indonesia (BI), Disperindag 2 orang (Kadis dan Sekretaris), Dinas Perikanan dan Kelautan 1 orang (Kadis), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan 1 orang (Kadis), Diskominfo untuk sementara 1 orang (Kabid IKP). Dinas Ketahanan Pangan 2 orang (Kadis dan Sekdis), Dinas TPHP 1 orang (Kadis), Dinas Koperasi dan UKM 2 orang (Kadis dan Sekretaris), Dinas PM-PTSP 3 orang (1 Sekretaris dan 2 Kabid), dan Bagian Prokopim Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong (2 orang).

“Untuk anggota DPRD kemungkinan berkurang jumlahnya yang berangkat. Untuk tim Ahli saat ini masih isoman dan kumungkinan sudah selesai isomannya dan bisa berangkat bersama-sama kita. Untuk BI masih menunggu jumlahnya yang pasti, dan untuk Diskominfo Kabid IKP dan juga menunggu kepastian untuk Kadisnya apakah mau ikut atau tidak,“ tandasnya. (IKP/Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.