Bupati Morut Ingatkan BUMDes Jangan Buka Usaha Yang Tak Punya Prospek

oleh -498 Dilihat
SHARE :

MOROWALI UTARA, Celebespos.com – Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi mengingatkan kepada para kepala desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar lebih selektif dalam memilih jenis usaha.

Keberhasilan Bumdes dimanapun ditentukan dua hal, yakni kemampuan melihat peluang usaha dan manajemen yang baik dan teratur.

“Dua hal ini menjadi kunci keberhasilan Bumdes. Jangan sampai membuka usaha yang tidak punya prospek,“ kata Bupati Morut, Delis Julkarson Hehi diacara Bimtek pengelolaan keuangan BUMDes berbasis aplikasi (SIA BUMDes) se Kabupaten Morut, Rabu (23/2/2022) kemarin.

Bupati menegaskan bimbingan teknis (bimtek) ini sangat penting dalam rangka tata kelola Bumdes yang benar dan baik.

“Kalau bimtek ini benar-benar diterapkan, maka kades akan tidur nyenyak karena tidak akan khawatir pengurus Bumdes akan melenceng atau main-main,“ sebutnya.

Menurut Bupati Delis, pengurus Bumdes harus berjiwa wirausaha dan selalu memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan profit yang setinggi-tingginya.

Olehnya itu, sambung Bupati, dibutuhkan kreativitas dan keberanian termasuk dengan menggandeng mitra usaha yang memiliki modal.

“Jangan takut bermitra. Cari investor untuk mengembangkan usaha yang ada potensinya untuk membangun desa,“ kata Bupati.

Ke depan, bimtek seperti ini akan diarahkan sesuai potensi yang ada di desa serta peluang usaha yang bisa mendapatkan keuntungan.

Misalnya, kalau di desa itu punya potensi untuk mengembangkan perkebunan, maka pelatihan dilakukan terkait perkebunan. Begitu juga dengan sektor lain seperti pariwisata, pertanian dan sebagainya. (MCDD/Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.