Pemkab Sigi Minta Camat Hingga Kepala Desa Tingkatkan Vaksinasi Covid-19

oleh -506 Dilihat
SHARE :

SIGI, Celebespos.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, meminta kepada camat dan kepala desa agar meningkatkan dan mempercepat vaksinasi Covid-19, sebagai bentuk perlindungan dan pengurangan resiko dari pandemi Covid-19.

“Pemerintah Kecamatan, pemerintah desa, TNI dan Polri yang ada di desa, agar segera melakukan rapat koordinasi untuk melakukan langkah-langkah pencegahan penularan dan peningkatan Covid-19, serta meningkatkan vaksinasi,“ kata Bupati Sigi, Mohamad Irwan pada media ini, Kamis (17/2/2022).

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Sulteng mengenai capaian imunisasi Covid-19 per tanggal 13 Februari 2022 bahwa, vaksinasi dosis satu di Kabupaten Sigi telah mencapai 80,4 persen dari total sasaran sebanyak 184.952. Dosis dua 44,0 persen dan dosis tiga 0,8 persen.

Data Pemprov Sulteng juga menunjukkan bahwa, vaksinasi lansia di Kabupaten Sigi telah mencapai 63,7 persen dosis satu, dosis dua 32,28 persen dan dosis tiga 0,6 persen. Total lansia yang menjadi sasaran vaksinasi di Sigi sebanyak 17.032.

Sementara vaksinasi anak terdapat 8.988 anak di Kabupaten Sigi telah divaksin dosis satu, dari total target anak usia 6 – 11 tahun sebanyak 23.753 jiwa.

Vaksinasi, kata Bupati Mohamad Irwan, bertujuan untuk membentuk kekebalan komunal, sehingga masyarakat bisa terlindungi dari bahaya Covid-19. Vaksinasi juga menjadi satu upaya pencegahan penularan dan peningkatan kasus Covid-19.

Kabupaten Sigi, berdasarkan ketentuan Pemerintah Pusat dinyatakan masuk dalam PPKM level 3. Atas hal itu, pemerintah daerah setempat mulai melakukan koordinasi dengan semua forkompimda terkait, untuk membahas langkah-langkah pencegahan penularan dan peningkatan kasus Covid-19.

Bupati menuturkan, rapat koordinasi itu menyepakati bahwa protokol kesehatan pencegahan Covid-19 meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan, diperketat.

“Acara atau kegiatan-kegiatan keramaian agar ditunda, seperti resepsi pernikahan, olahraga, dan kegiatan pemerintah yang menghadirkan orang banyak,“ katanya.

Bupati meminta kepada seluruh OPD, camat dan kepala desa, dibantu oleh TNI dan Polri, Kemenag di daerah, agar bersinergi, menanggulangi Covid-19 serta melakukan pencegahan secara optimalkan dengan mendorong masyarakat disiplin menerapkan prokes. (Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.