Optimis Pelaksanaan Pilkades Serentak Sigi Berjalan Aman

oleh -1169 Dilihat
SHARE :

PALU, Celebespos.com – Bupati Sigi, Mohamad Irwan membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) panitia pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Sigi yang berlangsung pada bulan Mei tahun 2022 mendatang.

Dalam sambutannya, Bupati Mohamad Irwan menegaskan, bimbingan teknis kali ini sangat penting yang bertujuan memberikan pemahaman regulasi yang berkaitan dengan pelaksanaan kepala desa serentak tahun 2022 serta memfasilitasi pelaksanaan tugas panitia pemilihan kepala desa secara tertib, aman dan lancar sesuai yang diharapkan.

“Tahun ini merupakan pemilihan kepala desa serentak ke empat kali di Kabupaten Sigi pada era undang-undang nomor 6 tahun 2014. Saya optimis pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun ini yang berlangsung di 130 desa di Sigi ini berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari,“ harap Bupati.

Sejalan dengan perkembangan regulasi penyelenggaraan pemerintahan desa, sambung Mohamad Irwan, pelaksanaan pemilihan kepala desa di masa pandemi ini, menurutnya mengalami perubahan secara signifikan.

Perubahan signifikan yang dimaksud, kata dia, diantaranya yaitu seluruh tahapan pilkades wajib melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Kemudian pengelompokkan daftar pemilih yang disebar dalam beberapa TPS dan setiap TPS terdiri dari maksimal 500 pemilih.

Selanjutnya, masih Irwan sapaannya, soal seleksi dan penetapan calon agar menghasilkan sebanyak-banyaknya 5 orang calon kepala desa. Begitu pula biaya pemilihan kepala desa yang selanjutnya di bebankan kepada APBD dan APBDes.

“Atas dasar beberapa perubahan tersebut, maka bagi panitia pemilihan kepala desa terdapat beberapa regulasi yang menjadi pedoman dalam pemilihan kepala desa serentak tahun ini,“ urainya.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, acara bimbingan teknis panitia pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Sigi dengan resmi di buka“. tandas Bupati Sigi ini.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas, Andi Wulur, Sekertaris, Ruslan, para pejabat eselon III serta fungsional pada Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Sigi, para pemateri yang bersertifikat Train Of Trainers yang diikuti dan saksikan peserta bimbingan teknis. (Hms/Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.