Dukungan Gubernur Sulteng Terhadap Olahraga Futsal Berikan Motivasi Kepada Atlet Daerah

oleh -983 Dilihat
SHARE :

PALU, Celebespos.com – Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulteng, Syamsuddin Tobone optimis olahraga futsal di bumi Tadulako semakin bersinar kedepan.

Menurutnya, olahraga futsal menjadi olahraga yang marak diselenggarakan sama halnya seperti sepak bola.

“Harapan kami dengan semakin ramainya event olahraga futsal ini, bisa berkontribusi pencapaian prestasi bagi Sulteng pada PON 2024 di Aceh dan Sumut mendatang,“ ucap Syamsuddin, pada pembukaan turnamen Futsal Gubernur Cup I tahun 2022 di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kamis (3/2/2022) malam.

Apalagi, kata lanjut Sam sapaannya, dukungan Gubernur Rusdy Mastura memajukan olahraga ini turut memberikan motivasi kepada semua atlet di daerah untuk lebih berprestasi.

“Dari AFP menargetkan futsal bisa lolos PON di Aceh-Sumatera Utara,“ ujarnya.

Dirinya menambahkan, pelaksanaan tuan rumah Prakualifikasi PON Futsal region Sulawesi dan sekitarnya akan dilaksanakan di Palu. Ia berterima kasih atas dukungan KONI Sulteng yang tidak kenal lelah memajukan olahraga.

“Target KONI Sulteng 10 emas PON Aceh-Sumatera Utara ini harus diperjuangkan. Dengan adanya target ini, kami selaku induk olahraga berlomba-lomba memberikan yang terbaik bagi daerah ini,“ sebutnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum KONI Sulteng, M. Nizar Rahmatu mengatakan PON 2024 merupakan gerbang prestasi olahraga Sulteng. Target 10 emas yang dicanangkan KONI Sulteng itu bisa membuka jalan pencapain prestasi PON 2028.

“Tahun 2028, Sulawesi Tengah mempunyai visi menjadi tuan rumah PON. Biddingnya pada April 2022 ini,“ beber Nizar Rahmatu dihadapan undangan.

PON 2024, Sulteng telah menyusun program Sulteng Emas yang tujuannya bisa memacu prestasi olahraga PON 2028. Diharapkan bisa lahir medali emas dari cabang olahraga unggulan. Termasuk menyediakan bonus Rp. 1 miliar 1 emas yang bisa memicu semangat mencapai prestasi emas.

“Harapannya, cabang olahraga lain bisa membuat kejutan termasuk futsal,“ imbuhnya.

Nizar mengatakan KONI Sulteng melalui pokja Sulteng Emas telah mutasi atlet unggulan Indonesia diantaranya atlet renang, Azzahra Permatahani dan Sofie Kemala.

Diharapkan atlet yang sekarang menjadi milik Sulteng ini, bisa memicu lahirnya atlet berprestasi baik olahraga renang maupun olahraga lain.

“Tujuan semata-mata mutasi bukan hanya kita bisa emas, karena memang catatan prestasi Azzahra dan Sofie Kemala ini prestasinya emas dan pemecah rekor renang gaya ganti dan gaya punggung. Tujuan kita adalah bagaimana atlet-atlet terbaik Indonesia ini bisa memberikan motivasi dan tauladan bagaimana latihannya, semangatnya yang kemudian bisa ditiru oleh atlet kita dan pada akhirnya mindset olahraga kita sudah menjadi olahraga maju baik prestasinya dan pembinaannya,“ kata Nizar.

Turnamen Futsal Gubernur Cup I dibuka oleh Kadispora Sulteng Irvan Aryanto mewakili Gubernur Rusdy Mastura.

Aryanto mengatakan, pemerintah mendukung pencapaian prestasi olahraga sulteng termasuk menyediakan sarana olahraga GBK yang dipakai tempat pertandingan futsal ini sarana bertaraf Internasional dengan kualitas lantai vinyl impor.

“Sehubungan dengan rencana tuan rumah PON 2028, di kompleks ini nantinya akan akan dibangun Stadion Utama untuk pembukaan PON,“ ungkap Irvan.

Kadispora ini pun berharap dengan kerjasama yang baik antara KONI Sulteng dan Dinas Pemuda Olahraga Sulteng, olahraga di Sulawesi Tengah dapat berprestasi hingga menembus dunia.

“Semoga apa yang kita usahakan ini bisa menjadi harapan bersama kedepan dan ada atlet dari Sulteng yang bisa membawa nama harum daerah kita dan Negara kita Indonesia“ tutup Irvan. (Sam/Kar)

oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.