Rakor Percepatan Rehabilitasi Pembangunan Lahan Pertanian Sigi bersama Kementan RI

oleh -750 Dilihat
SHARE :

DKI JAKARTA, Celebespos.com – Dalam rangka percepatan kegiatan rehabilitasi lahan pertanian di Kabupaten Sigi sekaligus percepatan visi dengan mewujudkan Kabupaten Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis. Olehnya itu Pemerintah Kabupaten Sigi terus berupaya melaksanakan terobosan-terobosan dan berupaya memperoleh dukungan dari berbagai pihak, salah satu upaya yang dilakukan dengan melobby program dari Pemerintah Pusat yang dapat membantu kegiatan percepatan pembangunan di Kabupaten Sigi.

Berkaitan dengan hal ini, Bupati Sigi, Mohamad Irwan kembali mengunjungi Kantor Kementerian Pertanian RI guna menindaklanjuti usulan Pemda Sigi mengenai rehabilitasi lahan pertanian.

Bupati Irwan, sapaannya, diterima oleh Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan RI, Andi Nur Alamsyah yang langsung melaksanakan rapat bersama staf yang juga diikuti Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sigi, Rahmad Iqbal Nurchalis.

Dalam rapat tersebut, diputuskan beberapa program yang akan dikerjakan di Kabupaten Sigi diantaranya, Mobilisasi alsintan (alat berat) excavator 2 unit, bulldoser 2 unit, dan TR4 15 unit, yang terdiri dari :

– Rehabilitasi lahan
– Olah lahan
– Jalan Usaha Tani
– Pembangunan RMU dan pengering.

Sebagai langkah awal, Minggu berikutnya akan diturunkan tim dari Kementan RI yang akan melaksanakan rehabilitasi lahan seluas kurang lebih 160 hektar di Kec. Dolo. Fokus awal akan dilaksanakan di wilayah desa Karawana dengan luas kurang lebih 70 hektar.

Serangkaian dengan kunjungan yang dilaksanakan pada hari Selasa (2/2/2022) tersebut, Bupati Sigi juga bertemu Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), drh. Syamsul Ma’arif, M.Si.

Dirinya meminta agar di Kabupaten Sigi dapat dibangun Rumah Pemotongan Hewan Modern dan Pasar Hewan, “Pemda Sigi telah menyediakan lahan seluas 4 hektar di desa Beka, Kecamatan Marawola untuk keperluan tersebut,“ ujar Mohamad Irwan.

Sementara Direktur Kesmavet, Syamsul Ma’arif menanggapi positif permintaan Bupati, “Kami dari Kementan RI sangat mengapresiasi keseriusan bapak Bupati bersama Kadis Pertanian dalam usahanya memajukan Kabupaten Sigi, pihak Kementan akan menindaklanjuti permintaan ini,”. ujar Syamsul Ma’arif.

Lebih lanjut, Bupati Sigi menganggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa, upaya yang dilaksanakan ini juga merupakan langkah untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional Presiden RI, yaitu mewujudkan food estate melalui modernisasi pertanian. (Hms/Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.