Bukti Kecintaannya terhadap Adat Istiadat Setiap Daerah Tempatnya Bertugas

oleh -966 Dilihat
SHARE :

BANGGAI, Celebespos.com – Bukti Kecintaannya sekaligus menghargai adat istiadat setiap daerah tempatnya bertugas. Kapolres Banggai, AKBP. Yoga Priyahutama SH.,SIK.,MH menghadiri rangkaian acara adat Mombowa Tumpe di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Kamis (3/12/2021) waktu setempat.

Mombowa Tumpe dalam bahasa Batui artinya membawa telur Maleo pertama.

Ritual yang sudah berusia 421 tahun ini tidak lepas dari sejarah masa lalu antara masyarakat Batui dan Keraton Kerajaan Banggai di Kabupaten Banggai Laut.

Mombawa Tumpe atau pengantaran tumpe dari rumah adat Batui menuju pelabuhan tumpe dilakukan dengan berjalan kaki. Ritual adat ini rutin digelar setiap tahun di awal Desember.

Setelah sampai di pelabuhan tumpe, kemudian telur tumpe yang dibawa, langsung dinaikkan ke atas perahu dan kemudian dibawa ke Pulau Banggai atau Kabupaten Banggai Laut dengan dikawal oleh Ketua Perangkat Adat bersama para pengawal.

Selama kegiatan ritual adat pengantaran tumpe, personil Polsek Batui bersama Koramil melakukan pengaman dan pengaturan lalu lintas sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Staf Ahli Bupati Banggai, Gunawan, Asisten II, Alfian Jibran, Staf Kejaksaan, Kadis Pariwisata, Camat Batui, Haryanto K. Galib, Kapolsek Batui, Iptu. I Kadek Yoga Widata SH, perangkat adat Banggai Kabupaten Banggai Laut, Bosanyo Batui, Ketua Perangkat Adat dan aparat pemerintah Kecamatan Batui. (Hms/Kar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.