KESEHATAN

Kolaborasi Dalam Hal Penanganan Eliminasi Penyakit Schistosomiasis di Kabupaten Sigi

SIGI, Celebespos.com – Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, melaksanakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Schistosomiasis bersama Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Direktur pencegahan dan pengendalian penyakit tular vektor dan zoonotik, Dr. drh. Didik Budjianto, M.Kes, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Sigi.

Direktur pencegahan dan pengendalian penyakit tular vektor dan zoonotik Kemenkes, menyampaikan bahwa kasus penyakit schistosomiasis di Asia Tenggara saat ini Hanya ada di Sulawesi Tengah yaitu di Kab. Sigi dan kab Poso.

“Saya berharap kiranya dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menangani dan eliminasi penyakit schistosomiasis ini,“ Ucapnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Samuel Yansen Pongi dalam sambutannya juga menyampaikan beberapa hal terkait upaya eliminasi schistosomiasis di wilayah Kab. Sigi.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi saat ini telah membuat master plan penanganan eliminasi penyakit schistosomiasis yang nantinya juga direncanakan akan dibuatkan Peraturan Bupatinya,“ Paparnya

Wabup Berharap, dengan master plan yang telah dirancang ini nantinya, Pemerintah Pusat melalui Kemenkes maupun Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan, untuk dapat membantu dalam hal penganggarannya.

“Karena kami sangat membutuhkan dukungan, baik moril maupun materi, mengingat Kabupaten Sigi yang memiliki keterbatasan dalam hal pendanaan, terlebih pada kondisi saat ini masih dalam masa pandemi covid19,“ Ungkap Wabup Samuel.

Melalui rapat kordinasi ini, sambung Wabup, besar harapannya semoga semua dapat berkomitmen dan memiliki plan dan tujuan dalam eliminasi schistosomiasis di Kab. Sigi.

Diakhir rakor tersebut, Kementerian Kesehatan melalui Direktur pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik menyerahkan secara simbolis bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dalam penanganan Schistosomiasis kepada Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulteng, dr. I Komang Adi Sujendra, Sp.,PD, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sigi, Roland Franklin, serta Balai Litbangkes Donggala. (Hms/Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker