BERITA

Gedung Baru PMI Sigi Diresmikan, Agus Lamakarate : Warga Sigi Tak Perlu Lagi Ke Palu Dalam Hal Keperluan Darah

SIGI, Celebespos.com – Bupati Sigi melalui Sekretaris Daerah, Muh Basir meresmikan Gedung Baru PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Sigi yang berada di kawasan perkantoran di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Rabu (28/7/2021) pagi.

Menurut Muh Basir, keberadaan gedung tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan PMI dalam pengabdian yang bersifat kemanusiaaan yang selama ini telah banyak membantu pemerintah daerah dan masyarakat Sigi.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PMI Kabupaten Sigi yang selama ini telah dibantu oleh Federation International atau Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah/International Federation of Red Cross and Red Crescent (IFRC) atas terbangunnya gedung markas PMI di Kabupaten Sigi,“ ucap Sekab Muh Basir mengawali sambutan tertulis Bupati Sigi.

Dengan diresmikannya gedung baru ini, kata Sekab, diharapkan pelayanan pada masyarakat akan lebih baik lagi dengan pelayanan yang terbaik akan menjadi ladang besar bagi keluarga besar PMI Kabupaten Sigi, “Untuk dapat melaksanakan program kemanusiaan, PMI membutuhkan sumber daya dan anggaran yang besar, dengan demikian perlu adanya dukungan dan bantuan dari seluruh komponen masyarakat,“ Ajaknya

Palang merah sebagai organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan, masih Sekab, juga merupakan perhimpunan yang memberi pertolongan dengan sukarela kepada sesama yang membutuhkan bantuan pertolongan yang tertuang pada pasal 26 dari hasil konferensi Jenewa (Swiss),

“Pemerintah daerah Kabupaten Sigi juga menyampaikan terima kasih pada Palang Merah Indonesia yang selama ini telah membantu dengan berupaya melaksanakan tugas-tugasnya sesuai amanat kepalang merah-an yang selalu ada terdepan dan terlibat, manakala ada bencana di daerah ini seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir maupun bencana akibat ulah manusia,“ Ungkap Sekab, Muh Basir yang tak lama lagi akan memasuki masa pensiun selaku ASN itu.

Lanjut, selama ini PMI Kabupaten Sigi telah melaksanakan tugasnya sesuai amanat organisasi, diharapkan sumber daya yang ada untuk terus dipacu dalam hal menangani pencegahan maupun penanganan bencana.

“Harapannya pada PMI Kabupaten Sigi, terus berupaya mempersiapkan masyarakat agar mampu mendeteksi dini bencana terutama pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, sebagai tindak lanjut inisiatif dan deteksi dini untuk mengurangi dampak bencana sehingga apabila bencana alam terjadi, masyarakat dapat mengenali dan bisa melakukan tindakan untuk mengurangi dampak bencana tersebut,“ Paparnya

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Perawakilan Federation International atau Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah/International Federation of Red Cross and Red Crescent (IFRC), perwakilan PMI pusat, perwakilan PMI Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua PMI Kabupaten Sigi, Moh. Agus Rahmat Lamakarate beserta Wakil Ketua dan para relawan, Wakapolres Sigi, Kompol. Noperto Gilbert Nainggolan, S.I.K.,SH, perwakilan BPTP Sulawesi Tengah dan para kepala OPD Kab. Sigi yang sempat hadir.

Sebelumnya, Ketua PMI Kabupaten Sigi, Moh. Agus Rahmat Lamakarate pada media ini melaporkan, peralatan di markas PMI ini cukup lengkap dan bagi masyarakat yang ingin donor darah, masyarakat Sigi tidak perlu lagi ke Kota Palu atau ke Provinsi dalam hal keperluan membutuhkan darah.

Berhubung kami masih mempunyai space lahan, kedepannya kami berencana untuk dibuatkan lagi gudang standar PMI, “Harapannya, kebutuhan-kebutuhan logistik sudah bisa di drop masuk ke gudang kita, kalau terjadi bencana, bisa segera diberikan kepada masyarakat yang terdampak,“ kata Agus eks. Kadis Pertanian Sigi masa pemerintahan Bupati Sigi definit pertama Alm. Ir. H. Aswadin Randalembah.,M.Si

“Kita memiliki unit donor darah dan juga kita memiliki gudang yang representatif,“ cetusnya

Selanjutnya dengan adanya markas PMI ini, sambung Agus, kerja-kerja kita terhadap pelayanan di Kabupaten Sigi bisa meningkat, terutama peningkatan kapasitas relawan, dimana relawan yang menjadi ujung tombak kita, “Sekali lagi terima kasih kepada Pemda Sigi khususnya bapak Bupati yang telah menghibahkan lahan ini, maka kantor markas besar PMI ini telah berdiri,“ terangnya (Kar)

SUMBER : BID. PIK & Persandian / Layanan Komunikasi Publik & Hubungan Media

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker