BERITA

Dalam Sehari Dua Kali di Guncang Gempa, Warga Ampana Mengungsi

TOJO UNA-UNA, Celebespos.com – Dua kali di guncang gempa bumi hari ini, Senin 26 Juli 2021 warga Ampana Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) mengungsi mencari tempat ketinggian guna menghindari laut.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tojo Una-Una, Asrun Taurenta mengatakan masyarakat mengungsi mencari ketinggian,

“Kondisi lagi rame masyarakat banyak mencari ketinggian, tapi masih aman terkendali,” tulis kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini via pesan whattshapp (26/7/2021)

Salah satu warga Ampana, Dading juga menuturkan gempa yang terjadi disusul matinya aliran listrik PLN yang membuat kepanikan sehingga warga mengungsi,

“Ampana sampai saat ini masih aman, sudah 2 kali gempa tapi tidak menimbulkan kerusakan, cuma situasinya sekarang gelap, lampu padam membuat kepanikan warga, sehingga sebagian sudah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi,” tulis Dading

Dikutip dari www.bmkg.go.id ini penjelasan
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, M.Si

GEMPABUMI TEKTONIK M6,5 DI KABUPATEN TOJO UNA-UNA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Kejadian dan Parameter Gempabumi:
Hari Senin, 26 Juli 2021 pukul 19:09:07 WIB wilayah Teluk Tomini diguncang gempa tektonik. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M=6,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=6,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,77° LS; 121,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi karena Sesar Lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan normal ( Normal Fault ).

Dampak Gempabumi:
Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah daerah Ampana V-VI MMI ( Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar ), Luwuk,Poso, Morowali, V MMI ( Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun ) Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Kotamobagu, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Buol, Bone Bolango, Pohuwato III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ) Tomohon, Manado, Ratahan, Bobong, Konawe Utara, Kolaka Utara, Masamba II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ) Mamuju Tengah, Polewali II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.
Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempabumi Susulan:
Hingga hari Senin, 26 Juli 2021 pukul 19.40 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) M=3,4.

Rekomendasi:
Kepada masyarakat di Pesisir Bolaang dan Bunta agar menjauhi pantai dan dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. (Hen/Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker