Badan Ketahanan Pangan Kementan RI Pastikan Ketersediaan Daging Sapi Jelang Lebaran Aman

oleh -1434 Dilihat
SHARE :

DKI JAKARTA, Celebespos.com – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia pastikan ketersediaan pasokan terhadap daging sapi menjelang hari raya Idul Fitri 1442 / Hijiriyah aman.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Prof. Dr. Rishaferi, menuturkan Badan Ketehanan Pangan terus melakukan pemantauan di lapangan,

“BKP terus melakukan kunjungan langsung pada beberapa Rumah Potong Hewan (RPH) dan Distributor yang ada di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya, untuk melihat stok daging sapi saat ini,” ujarnya, Kamis lalu (6/5/2021).

Prof. Dr. Rishaferi mengungkapkan bahwa masyarakat tak perlu khawatir. Dari hasil kunjungan tim kami, terpantau ketersediaan daging sapi dipastikan cukup hingga hari raya.

Selain itu, Kata Prof. Dr. Rishaferi, tercatat harga daging sapi (karkas) pada tingkat RPH masih dalam pantauan yang aman.

Harga-harga ini bervariasi, mulai dari Rp.96.000 / Kg hingga Rp. 103.000 / Kg untuk sapi lokal. Dan Rp. 100.000 / Kg hingga Rp.104.000 / Kg untuk sapi yang impor.

Harga bervariasi ini tergantung dari kondisi dan kualitas sapi, serta biaya jasa pemotongan yang juga berbeda di setiap RPH alias kamar daging.

Seiring meningkatnya permintaan dari masyarakat, harga sapi ini akan mengalami pergerakan. Namun, Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan meyakini kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar,

“Terjadinya kenaikan harga daging menjelang idul fitri, menurut pedagang daging karena harga daging sapi hidupnya yang sudah mahal. Namun menurut pengakuan pengelola RPH dari segi ketersediaan sapinya cukup, hanya memang harga sapi hidup sudah naik, sehingga harga daging di pasar eceran juga mengalami kenaikan,” ujarnya.

BKP menjamin persediaan daging sapi beku cukup di Pasar Mitra Tani yang tersebar di Jabotabek. Pemesanan juga dapat dilakukan secara online tanpa biaya ongkos kirim.

Sementara itu pada tingkat distributor, daging sapi yang terdapat pada cold storage merupakan daging sapi beku impor yang berasal dari berbagai negara, di antaranya Australia, New Zealand, India dan Amerika.

Terpisah, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan pasokan daging untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan sampai dengan Idul fitri 2021 tetap aman,

“Harapannya, kebutuhan pangan betul-betul tersedia. Kami melaporkan setiap saat kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo, tentang persediaan sebelas komoditi yang ada,” sebut Mentan Syahrul.

Guna menyikapi permintaan daging sapi serta kebutuhan pangan lain yang meningkat selama di Bulan Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri nanti, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi menyebut pihaknya melakukan beragam upaya antisipatif. Diantaranya yakni dengan mengadakan Gelar Pangan Murah (GPM) melalui Pasar Mitra Tani / Toko Tani Indonesia Centre Se Provinsi,

“Harapannya, semoga kegiatan GPM ini menjadi solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih terjangkau,” tutupnya (Kar)

Sumber : kumparanNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.