POTRET

Tradisi Bangunkan Warga Sahur Versi Pemuda Tataba

Tradisi Bangunkan Warga Sahur Ala 'Malak Al Mawt' Alias Malaikat Maut

Potret Dokumentasi Pemuda Desa Tataba Bangunkan Warga Sahur_ (Foto : By.Aladiks)

BANGGAI KEPULAUAN, Celebespos.com – Keheningan dini hari pada bulan Ramadhan tiba – tiba pecah ketika sejumlah pemuda di Desa Tataba, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah membangunkan sahur para warga.

Bermodalkan alat sederhana seperti sambra, galon air minum, botol dan genderang, mereka begitu asik berkeliling kampung sembari menyanyikan yel – yel dan memainkan musik.

Salah satu pemuda tersebut, Ishal Kasim mengatakan bahwa mereka yang mengatasnamakan ‘Malak Al Mawt alias Malaikat Maut’ yang terdiri dari beberapa anggota inti diantaranya, Ikhvan, Ifan, Bayu, Quldhy, Aladiks serta kawan – kawan lainnya,

“Kegiatan membangunkan warga untuk sahur pada Pukul 03.00 WITA dengan menggunakan alat musik seadannya sudah sering kami lakukan pada Ramadhan tahun – tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan secara spontan agar warga yang, ‘Depe Tidor Manggoro dan So Keenakan’ alias tidur terlalu lelap takutnya so tidak dirasa waktu imsyak, mungkin dengan cara seperti ini bisa bangun untuk melaksanakan sahur bersama keluarga tercinta dirumah,“ Cetus, Ishal Kasim selaku Koordinator Lapangan (Korlap), pada media ini, Kamis (29/4/2021) malam.

“Ide ini muncul, karena teman-teman yang lain respon positif disatu sisi harus sopan dan beretika dalam membangunkan warga,“ tambahnya

Menurut dia, kegiatan membangunkan sahur menggunakan alat musik dilakukan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan. Selain itu, untuk membantu warga agar dapat melaksanakan sunah puasa.

“Semoga bermanfaat dan bisa berlanjut ke Ramadhan tahun selanjutnya,” terang pemuda asal Desa Tataba, Ishal Kasim yang dikenal warga sekitar dengan gaya nyentriknya berkomedi. (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker