KESEHATAN

Penguatan Forum Kabupaten Sehat Serta Gerakan Stop Stunting Kab. Sigi Tahun 2021

SIGI, Celebespos.com – Pembangunan kesehatan pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk, agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi – tingginya. Dalam upaya itu, Pemerintah Kabupaten Sigi menginisiasi melaksanakan penguatan forum kecamatan dan desa sehat serta gerakan stop stunting Sigi tingkat Kabupaten Sigi tahun 2021.

Ketua Forum Kabupaten Sehat Sigi, Hj. Hazizah, S.M dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam pembangunan Nasional yakni meningkatkan sumber daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing, sektor kesehatan fokus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan cakupan kesehatan semesta dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar atau Primary Health Care dengan dorongan peningkatan upaya promotif dan preventif dengan di dukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi,

“Program kesehatan masyarakat juga saat ini berfokus pada penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan Stunting, peningkatan pengendalian penyakit, pembudayaan hidup sehat, serta penguatan kesehatan pada pengawasan obat dan makanan,“ urai Hazizah yang juga sebagai Ketua TP PKK Kab. Sigi

Bahkan Kata Hazizah, Saat ini Sigi bersiap menjadi salah satu Kabupaten yang di usulkan mengikuti penilaian Kabupaten Sehat Propinsi dan juga untuk penilaian aksi pencegahan dan penanganan stunting di tahun Ke 2, “Kiranya perlu dilakukan persiapan yang matang serta kerjasama yang solid dari kita semua,“ pesannya

Untuk penilaian Kabupaten Sehat, sambung Hazizah, dirinya selaku Ketua Forum Kabupaten Sehat, mendorong terbentuknya forum Kabupaten Sehat ditingkat Kecamatan sampai tingkat desa.

Untuk aksi stop stunting Kabupaten Sigi, lanjut Hazizah, kami mendorong pada seluruh tim pencegahan stunting mulai dari kecamatan sampai desa untuk terus bergerak melakukan kegiatan – kegiatan yang kongkrit dengan pemberdayaan masyarakat berbasis kesehatan, pendampingan dan bimbingan pola asuh, pemanfaatan pekarangan rumah tangga serta perbaikan sanitasi.

Kemudian, kegiatan yang selanjutnya diintegarasikan untuk mendukung program-program Kabupaten Sigi Sehat. Hal tersebut diungkapkan Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Sigi, dr. Rika F. Sakaruddin usai acara yang digelar di Aula Kolam Pemancingan Nagaya, Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Senin siang (19/4/2021) waktu setempat.

Dengan dilakukannya penguatan pada hari ini kata Rika, masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku pembangunan kesehatan dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya sendiri serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat di lingkungannya. (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker