BERITA

Pendis dan Pokjawas Kankemenag Palu Gelar Rakor Beraama Lembaga Pendidikan Islam

PALU, Celebes pos.com – Kantor Kementerian Agama Kota Palu, melalui Seksi Pendidikan Islam dan Pokjawas, mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan lembaga pendidikan Islam se Kota Palu,Jum’at (19/02), di Aula Kankemenag.

Ketua Pokjawas Alfian dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini di ikuti 83 orang peserta dari berbagai lembaga pendidikan (MA/MTs/Ponpes/MDTA/TPQ), dan dilaksanakan selama dua hari dan berlangsung di tiga tempat, termasuk di Kankemenag Palu.

Sementara itu Kakankemenag, Nasruddin L. Midu dalam sambutanya saat membuka acara mengatakan, kehadiran para peserta di forum Rakor ini, menjadi ajang diskusi membangun komunikasi untuk membahas seputar masalah pendidikan.
“ Mari manfaatkan forum ini untuk sharing informasi dan media untuk berinteraksi,” ajak Nasruddin.

Menurutnya Seksi Pendis, Pokjawas, Madrasah dan Ponpes harus merespon Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan ujian kesetaraan, serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

“Perlu ada kesepakatan (para penyelenggara pendidikan), tidak bisa di nafikan bahwa, disaat pandemi proses belajar mengajar tidak maksimal, perlu adanya titik temu untuk kemudahan bagi siswa,” tuturnya.

Dalam sambutannya Nasruddin juga membahas seputar kesejahteraan para operator madrasah, yang bergelut dengan aplikasi seperti, EMIS dan SIMPATIKA. Nasruddin berharap, para Kepala Madrasah
bisa memberikan apresisasi kepada mereka disesuaikan dengan beban kerjanya.

Hal-hal mengenai manajemen pengunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang efektif, bermanfaat dan sesuai juknis juga diharapkan bisa dibagi didalam forum tersebut.

Nasruddin menambahkan, setiap Kamad (Kepala Madrasah) agar bekerja dengan keras untuk meningkatkan prestasi akademik siswanya, membangun hubungan kerjasama dengan sekolah-sekolah yang maju dalam prestasi akademik dan juga Perguruan tinggi.

“Kepala Madrasah harus mampu menggali potensi-potensi yang ada untuk menggenjot prestasi akademik, misal belajar pada lembaga yang sudah teruji, belajar pada ponpes tentang pembinaan santri/sisiswa ataupun kepada sekolah yang berprestasi secara akademik dan belajar pada Perguruan Tinggi. Kita harap Kota Palu bisa menjadi pilot project dari sarana prasarana terlebih lagi dalam prestasi akademik,” harapnya.

Terkait dengan gencarnya Kemenag mengimplementasikan moderasi beragama, Nasruddin menginstruksikan, agar hal ini perlu ditanamkan sejak dini pada madrasah dan Ponpes.
“ Sebagai ASN Kemenag, wajib bagi kita untuk mendengungkan dan mensosialisasikan moderasi beragama kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk kepada anak-anak kita di Madrasah dan Ponpes.” Ungkapnya. WA/HumproKemenagPalu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker