BERITA

Pemda Sigi Dukung Pengembangan Kampus II IAIN Palu

SIGI, Celebespos.com – Pelaksana Harian (Plh). Bupati Sigi Muh Basir mengemukakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sigi dan masyarakat sangat mendukung pengembangan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, di kabupaten tersebut.

“Kita Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dan seluruh masyarakat mempunyai kesyukuran yang sangat besar, dengan dibangunnya kampus II IAIN Palu di Kabupaten Sigi, “ ucap Muh Basir, saat menyampaikan sambutan pada peresmian gedung pendidikan Kampus II IAIN Palu, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu pagi (20/2/2021).

Salah satu bentuk implementasi dari kesyukuran itu, kata Muh. Basir, Pemkab Sigi siap mendukung sepenuhnya pengembangan kampus II IAIN di Sigi,

“Sebelumnya sesuai penyampaian Bupati Sigi bahwa Pemda Kabupaten Sigi, siap membantu dan mendukung pengembangan
kampus II IAIN Palu di Sigi,“ Ungkapnya

Desa Pombewe di Kabupaten Sigi, menjadi sasaran wilayah pengembangan kampus II IAIN Palu. IAIN Palu telah memiliki lahan di desa tersebut seluas 21 hektare.

Dengan luasan tersebut, IAIN Palu berencana menjadi wilayah itu sebagai kampus utama dalam proses belajar mengajar dan seluruh pusat kegiatan akademik IAIN Palu termasuk pelayanan akademik.

Olehnya, saat ini di wilayah itu Kementerian Agama melalui IAIN Palu sarana prasarana akademik berupa tujuh gedung pendidikan yang bersumber dari SBSN,

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Sigi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan gedung pendidikan tersebut,“ Ungkap Muh Basir.

Plh. Bupati Sigi itu mengemukakan dengan dibangunnya gedung pendidikan Kampus II IAIN Palu di Sigi, menjadi harapan memaksimalkan keberadaannya agar bermanfaat besar bagi dari sisi akademik maupun kepada masyarakat,

“Wujud peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, adalah penigkatan mutu dan kualitas belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam dunia kerja, yang tentu menjadi dambaan kita semua,“ Ujarnya.

“Gedung pendidikan IAIN Palu di Desa Pombewe, akan mencetak generasi muda yang siap bersaing dan memiliki kemampuan kerja yang baik, dan memiliki ahlak serta budi pekerti yang baik,“ Sebutnya.

Karena itu, Pemkab Sigi, sebut Muh Basir, mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Sigi lebih khusus warga sekitar kampus, agar berpartisipasi secara aktif menjaga ketertiban dan keamanan kampus tersebut,

“Masyarakat juga bisa memanfaatkan peluang-peluang ekonomi dengan keberadaan kampus ini, karena sangat besar pekuang ekonomi dari adanya kampus ini,“ Imbuhnya.

Adapun Kata Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi., M.Pd mengemukakan bahwa Kampus II Perguruan Tinggi Islam Negeri yang dipimpinnya di Kabupaten Sigi akan menjadi kampus utama,

“Ini akan jadi kampus induk atau kampus utama, tentu ini butuh dukungan dari Pemkab Sigi dan masyarakat Sigi,“ Ucapnya

Kata Prof. Sagaf, saat ini kampus II IAIN Palu di Kabupaten Sigi memiliki luas lahan yang cukup memadai yakni seluas 21 hektare.

Kedepan, sesuai dengan dukungan Pemkab Sigi, maka Pemkab akan menambah luas lahan IAIN Palu seluar 40 hektare,

“Ini sudah bersertifikat hak milik, dan direncanakan Pemkab Sigi akan menambah sekitar 40 hektare,“ Tambahnya

Rektor juga mengatakan bahwa kampus II
IAIN Palu di Desa Pombewe, letaknya sangat strategis serta didukung dengan view yang sangat indah.

Kemudian, dari sisi aksesbilitas dan sarana prasarana penunjang, kata Prof Sagaf, Pemkab Sigi telah membangun jalan dan jembatan yang terintegrasi langsung dengan kampus.

Selain, telah tersedia aliran listrik dan lampu penerangan jalan, bahkan ari juga tidak sulit, karena berdekatan dengan UPT Air Pasigala,

“Ini bukti dukungan Pemkab Sigi yang luar biasa,“ ujarnya.

Rektor menerangkan saat ini terdapat tujuh gedung di kampus II IAIN Palu di Sigi, dengan kapasitas kelas mencapai 48 kelas, yang disertai dengan gedung layanan akademik.

Di tahun 2021 ini, sebut Rektor, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, akan menjadi fakultas pertama yang pindah ke kampus II di Sigi,

“Fakultas Tarbiyah ini jumlah mahasiswanya terbesar dari total jumlah mahasiswa IAIN Palu, jadi Insya Allah tahun ini kita akan pindahkan secara bertahap,“ Katanya

Karena itu, Rektor mengharapkan bantuan dan dukungan Kementerian Agama, Pemprov Sulteng, dan Pemkab Sigi, sehingga upaya-upaya pengembangan yang dilakukan oleh IAIN Palu baik kelembagaan maupun pembangunan SDM, bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag berharap agar kita dapat meningkatkan kontribusi baik Pemerintah Pusat, Provinsi Daerah maupun Pihak IAIn agar pelayanan dapat berjalan dengan baik sehingga nantinya status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dapat segera kita naikan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Adapun Peresmian Gedung Kuliah dan Layanan Terpadu Institut Agama Islam Negeri yang berlangsung di Kampus II IAIN Palu, tepatnya di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru, sekaligus dilakukan pengguntingan pita oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (RI),
Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. H. Rusli Baco Dg. Palabbi, SH., MH, Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, unsur Forkopimda Sulawesi Tengah, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan OPD Kabupaten Sigi, para Wakil Rektor, Ketua Senat, Para Dekan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarkat dan para Pejabat IAIN Palu. (Kar)

SUMBER : BID. PIKP / DISKOMINFO SIGI

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker