BERITA

Eksotik Wisata Air Paneki

Masih Perlu Penataan

SIGI,Celebespos.com – Kabupaten Sigi memiliki potensi wisata yang cukup banyak perlu di kembangkan, salah satunya wisata air sungai yang ada di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru yakni sungai paneki.

Sungai paneki memiliki ciri khas tersendiri bagi wisatawan yang datang ke lokasi tersebut, tidak hanya di suguhi air yang jernih, namun juga pemandangan alam dengan pepohobab yang besar dan jauh dari hiruk pikuk, membuat kenyamanan wisata semakin terasa.

Salah satu pengunjung, Mudin Ahad (03/01/21) mengatakan, wisata air paneki sangat bagus dan memiliki pemandangan alam yang indah dan alami. Airnya yang jernih berasal dari pegunungan membuat keindahan tersendiri, dan masih belum terganggu hal lain.

“saya datang bersama keluarga ke sungai paneki dan pemandangannya cukup indah, anak anak cukup senang mandi mandi menikmati air sungai yang dingin”kata Mudin.

Keindahan wisata sungai paneki kata dia, perlu dilakukan penataan lagi oleh pemerintah setempat, dengan membuat gazebo gazebo tempat peristirahatan dan menghadirkan pedagang di lokasi wisata tersebut.

“ini kalau di tata lebih bagus, sudah pasti akan ada banyak pengunjung yang datang ke sini, dan tentunya juga akan menambah pemasukan bagi daerah, dan tidak hanya itu warga setempat yang berjualan juga ekonominya baik”katanya.

Sama halnya disampaikan Andi, wisata air paneki tidak ada tandingannya untuk di Sigi, namun perlu penataan lagi yang memberi daya tarik seperti fasilitas bagi pengunjung yang datang.

“yang jualan tidak ada di sini, jadi kita harus membawa makanan”kata Andi.

Diketahui, wisata air paneki juga terdapat wisata perkemahan bumi paneki yang selalu menjadi tempat kegiatan di tingkat kabupaten maupun propinsi. Tidak jauh dari lokasi tersebut, sekitar 7 KM ke arah timur terdapat perkampungan asli Kaili yakni Ranggonau, dan lapangan tembak berada di sebelah selatan lokasi wisata paneki, serta masih banyak lagi destinasi lainnya untuk bisa di kunjungi.WA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker