BERITA

Door to Door Campaign Jadi Kunci Sukses Irwan-Samuel Menangkan Pilkada Sigi 2020

Door to Door Campaign Bukti Irwan-Samuel Menangkan Pilkada Sigi

SIGI, Celebespos.com – Rekapitulasi penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi pada Kamis malam, 17 Desember 2020 kemarin, menetapkan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Mohamad Irwan – Samuel Yansen Pongi, jadi peraih suara terbanyak setelah mencapai 55,6 persen atau memperoleh 77.376 suara.

Kemenangan Irwan – Samuel pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sigi menjadi spesial dengan mengukir sejumlah catatan baru dalam kontestasi lima tahunan itu. Padahal sebelumnya, pasangan Irwan – Samuel menurut beberapa lembaga survei yang di rilis pada akhir November 2020 lalu sempat mengalami penurunan 3 digit. Dimana semula berada dikisaran angka 46,1% turun menjadi 43,6%. Sementara lawan mereka, Husen – Paulina saat itu naik 11 digit.

Melihat hasil tersebut, Crew Celebespos.com berkesempatan mewawancarai Ketua Tim Relawan Jiwa Sang Pengabdi, Adi Kabarani Repadjori. Sabtu, (19/12/2020). Pada media ini, Adi mengatakan sejumlah strategi tim dengan tagline “Jiwa Sang Pengabdi” dalam memenangkan duel melawan kandidat lain pada Pilkada Sigi tahun 2020.

“Secara masif kami lakukan kunjungan secara door to door. Hampir seluruh tingkat dusun kami datangi, bahkan ada beberapa dusun yang sampai tiga kali kami kunjungi, serta membangun beberapa komunitas bersama ibu-ibu relawan, sampai tim-tim kita juga masuk,” kata Adi.

Dalam masa kampanye terbatas, lanjutnya, door to door beberapa kali kunjungan. Karena itu, Adi membantah jika muncul tudingan kecurangan yang dilakukan oleh tim koalisi “Jiwa Sang Pengabdi”.

“Kami bekerja secara kolektif, jika ada daerah yang kami rasa masih lemah disitu, maka kami lakukan kunjungan berlapis. Mulai dari melakukan pendekatan terhadap pemuda disitu, tokoh adat, tokoh agama, kami rangkul semua. Intinya peran serta teman-teman relawan yang ada dilapangan sangatlah jelas. Sehingga kalau ada tudingan kecurangan saya rasa itu sangat naif. Ini bukti kerja keras semua tim yang bekerja,” ujar Adi

Selain itu, sambung Adi, komunikasi publik adalah salah satu kunci untuk
memenangkan kompetisi didunia politik dan saat itu salah satu chanel yang efektif adalah media sosial seperti facebook, twitter maupun media sosial yang lainnya. Dan bentuk startegi yang dirancang yaitu dengan membuat akun dan halaman untuk
pasangan kandidat Irwan-Samuel yang didalamnya terdapat visi-misi, program kerja yang jelas dan terarah.

Aktifitas kunjungan, maupun waktu kampanye dari pasangan kandidat, hal ini dilakukan karena perkembangan media sosial seperti facebook dan twitter serta media online menjadi perhatian banyak orang, “Ini adalah alat yang dapat membantu tim pemenangan untuk mengkomunikasikan, memonitoring dan membuat program yang bertujuan untuk pemenangan kandidat,” Tambanhya

Adi kemudian mengajak seluruh pihak saling merangkul selanjutnya untuk bersama-sama mengawal pemerintahan Irwan – Samuel tanpa melihat latar belakang.

“Ayo, mari kita sama-sama kedepan mendukung program-program beliau serta mengawal pemerintahan Bapak Mohamad Irwan dan Bapak Samuel Yansen Pongi yang sudah sementara berjalan saat ini. Kalau kemarin ada perbedaan mari kita sudahi, toh ini hanya konstetasi mandat saja,” sebut Adi Kabarani.

Usai rekapitulasi, KPU Sigi nantinya, akan menetapkan Bupati-Wakil Bupati Sigi terpilih tahun 2020 jika dalam kurun waktu tiga hari tidak ada gugatan paslon lain ke Mahkamah Konstitusi (MK). (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker