NASIONAL

BNPB dan Satgas Kemanusiaan Ibarat Pelita Dalam Kegelapan

JAKARTA, Celebespos.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi bersama IPB University, menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Sosialisasi dan Pembelajaran Pemulihan Pasca Bencana Alam, Sosial, Ekonomi, dan Sumber Daya Alam” di Jakarta, Selasa (15/12).

Kegiatan seminar tersebut diikuti 340 peserta, dan menghadirkan sebanyak 15 narasumber dari perwakilan Kementerian/Lembaga dan akademisi, baik secara langsung maupun melalui media daring.

Adapun penyelenggaraan seminar tersebut, mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, yang mana BNPB diberikan amanat untuk melaksanakan beberapa kegiatan prioritas nasional, salah satunya adalah, Layanan Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi Pascabencana di 18 titik lokasi.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Ir. Rifai, M.B.A, mengatakan, seminar tersebut menjadi bagian yang strategis dalam memberikan ruang gerak baru bagi para tokoh akademisi maupun komunitas, sehingga hal itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada seluruh sektor dalam kaitan kebutuhan masyarakat pasca bencana.

Hadir secara virtual, Kepala BNPB Doni Monardo, memberikan apresiasi atas dihelatnya kegiatan tersebut. Menurutnya, para peserta yang hadir dalam seminar tersebut menjadi harapan bagi seluruh masyarakat terdampak bencana.

Dalam kesempatan tersebut, Doni menganalogikan bahwa, BNPB dan satgas kemanusiaan lainnya ibarat sebatang lilin yang memberikan pelita dalam kegelapan bagi mereka yang tengah dilanda bencana.

Melalui seminar tersebut, Doni meminta bahwa, masyarakat harus segera mendapatkan kembali harapan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik pasca bencana. Sehingga dalam hal ini kolaborasi dari seluruh pihak menjadi penting dalam memulihkan kehidupan masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker