BERITA

Gelar Bimtek Ke Dua “1 Jam Lebih Dekat Dengan Ketua Bawaslu Sigi”

SIGI, Celebespos.com – Demokrasi mewujudkan negara yang bermartabat, melalui demokrasi pula partisipasi masyarakat dalam pemerintahan diharapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa. Tak heran pesta demokrasi sangat penting dilaksanakan dalam rangka pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak 9 Desember 2020.

Guna mempersiapkan diri, Panwaslu Kecamatan Dolo menggelar bimbingan teknik (Bimtek) yang ke 2 (dua) bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang berlangsung di kolam pemancingan Denis, Desa Kota Pulu Kecamatan Dolo, Kamis pagi, (3/12/2020) hingga menjelang siang, waktu setempat.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Bawaslu Sigi, Steny Marini Pettalolo, Ketua Panwascam Dolo, Ust. Ikbal Mansyur, Sekretaris, Muhammad, Divisi Pengawasan Panwascam Dolo, Sofyan H. Laenu, S.Sos dan seluruh anggota Panwascam Dolo, diikuti sebanyak 55 anggota PTPS serta 11 PKD yang tersebar di seluruh wilayah se Kecamatan Dolo yang mengikuti Bimtek kali ini.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dolo, Ust. Ikbal Mansyur dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, mengimbau kepada Pengawas Pemungutan Suara (PTPS) agar mengantisipasi hal-hal kemungkinan yang akan terjadi pasca hari tenang dari tim paslon.

Selain itu beliau juga mengatakan bahwa tujuan dari bimtek yang ke dua ini tak lain yakni terus memberikan pembekalan, pengetahuan serta keterampilan bagi PTPS yang telah dilantik beberapa pekan lalu, “Saya sangat mengharapkan juga kepada teman-teman PTPS sekalian agar dapat mengantisipasi kemungkinan hal-hal buruk yang akan terjadi pasca hari tenang hingga sampai hari “H” pelaksanaan Pilkada,” tuturnya.

Metode yang digunakan dalam bimbingan teknis ke dua kali ini yaitu pemaparan materi dari narasumber, diskusi dan tanya jawab.

Adapun untuk pemateri dalam bimtek ke 2 (dua) tersebut, disampaikan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi, Steny Marini Pettalolo, dalam materinya yang berjudul “1 (satu) jam lebih dekat antara Ketua Bawaslu Sigi bersama teman-teman PKD PTPS Kecamatan Dolo”.

Sebelumnya Steny selaku Ketua Bawaslu Sigi itu mengingatkan kepada seluruh anggota PTPS se Kecamatan Dolo yang sudah dilantik, agar tak serta merta merasa minder alias kurangnya kepercayaan diri, disaat waktu pengawasan tahap pencoblosan nanti.

Steny, menyatakan, peran PTPS sangat penting dalam proses Pilkada serentak 2020. Dimana tugas dan kewenangan pengawas TPS di antaranya mengawasi persiapan pemungutan suara dan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan perhitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara, “Tidak hanya itu, pengawas TPS juga memiliki kewenangan untuk menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Serta menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara,” ujarnya

Tentunya tugas berat ini akan terasa ringan jika membangun komunikasi dengan stakeholder lainnya termasuk pihak terkait. Untuk itu ketua Bawaslu berharap setelah dilantik, PTPS wajib memperkenalkan diri atau bersilaturahmi dengan masing-masing RT, “ Jadi setelah teman-teman PTPS dilantik, tentunya wajib untuk memperkenalkan diri atau bersilaturahim dengan RT masing masing, sebagai PTPS untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat potensi pelanggaran seperti money politik, pelanggaran menyebarkan berita hoax dan pelanggaran lainnya,” ungkap Steny

Selain itu, dia berharap pula, agar pengawas TPS yang telah dilantik nantinya bekerja profesional, berintegritas, adil dan independen. Sehingga kata Steny, agar kepercayaan public terhadap hasil Pilkada nanti dapat dipertangungjawabkan serta benar-benar demokratis, “Agar Pilkada kali ini demokratis dan berintegritas berjalan sesuai dengan prosedur dan kententuan berlaku, tempat pemungutan suara harus independen, sehingga pada pelaksanaan perhitungan suara secara berjenjang tidak ada lagi masalah atau Pemungutan Suara Ulang (PSU) seperti kejadian-kejadian sebelumnya.” Tutup Ketua Bawaslu Sigi (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker