BERITA

Pjs. Bupati Sigi Panen Jagung Bersama Kelompok Wanita Tani

SIGI, Celebespos.com – Pjs. Bupati Sigi, Sisliandy, bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Sigi, Kiki Rezqi, menghadiri panen jagung varietas jagung ungu di lokasi lahan pertanian Kelompok Wanita Tani (KWT) Sintuvu Maroso, Desa Maku, Kecamatan Dolo, Sabtu (7/11/2020) sore.

Varietas jagung ungu ini merupakan varietas baru yang sedang dikembangkan di wilayah Kabupaten Sigi. Varietas jagung ungu ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan di antaranya untuk mencegah kanker dan diabetes.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L), yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi bekerja sama dengan Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah dengan mengikutsertakan sembilan kelompok wanita tani.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keanekaragaman Pangan Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah, Ucik Sangkalia, pada saat menyampaikan hasil lomba menyampaikan bahwa kegiatan lomba pemanfaatan P2L ini merupakan yang pertama di Sulawesi Tengah, dan diharapkan menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi, Rahmad Iqbal Nurchalis, pada kesempatan itu menyampaikan harapannya agar kegiatan pemanfaatan lahan ini nantinya dikembangkan dan dikelola secara berkelanjutan, dengan melibatkan dukungan pemerintah desa (Pemdes).

Pada kesempatan itu, Pjs. Bupati Sigi juga menyerahkan secara simbolis bantuan bibit bagi delapan kelompok tani di delapan desa (Watubula, Ampera, Mantikole, Sejahtera, Langaleso, Omu, Tuva, Potoya).

Dalam sambutannya, Sisliandy menyampaikan agar setiap bantuan yang diberikan oleh pemerintah memberikan manfaat yang tepat sasaran dan tepat guna.

Beliau juga berharap program-program pemanfaatan lahan pekarangan oleh para kelompok tani ini nantinya akan memberikan dampak dan manfaat bagi warga sekitarnya.

Sementara itu, hasil penilaian lomba oleh tim penilai yang diketuai langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sigi, yaitu juara I KWT Sintuvu Maroso (Dolo), juara II KWT Galaxy (Sigi Biromaru), juara III KWT Sikamasei (Nokilalaki).

Hadir juga pada kesempatan itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sigi Anwar, Kepala Desa Maku, serta para kelompok wanita tani yang ada didelapan Desa.(Hms/Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker