PENDIDIKAN

Lokakarya Pemangku Kepentingan Penanganan ATS

SIGI, Celebespos.com – Bertempat di Hotel Jazz Kota Palu, Pjs. Bupati Sigi Sisliandy, membuka Lokakarya Gerakan Kembali Bersekolah kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dengan Unicef dan Yayasan Karampuang.

Laporan Ketua Panitia dari Yayasan Karampuang mengatakan, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Unicef dan Yayasan Karampuang tentang anak tidak sekolah mengidentifikasi berbagai faktor penyebab, sehingga anak dan remaja usia sekolah tidak bersekolah.

Faktor tersebut terkait dengan keterpencilan daerah tempat tinggal mereka, ketertinggalan atau kesenjangan pembangunan daerah, kemiskinan dan latar belakang ekonomi keluarga, serta masih belum memadainya layanan pendidikan untuk anak rentan seperti anak penyandang disabilitas.

Studi ini juga mengidentifikasi bahwa masih banyak tantangan dari segi pemberian layanan pendidikan dan pelatihan, baik dari segi ketersediaan maupun kualitas dan relevansi. Sesuai dengan muatan lokakarya yang akan dilaksanakan saat ini, meningkatkan sektor pendidikan menjadi prioritas dalam pembangunan manusia.

Karena pendidikan merupakan instrumen penting dalam meningkatkan kemampuan individu dan masyarakat sehingga mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan perubahan lingkungan.

Pjs. Bupati Sigi dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan data BPS, dari sisi indeks pembangunan manusia (IPM) yang meliputi sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat berada pada nilai 68,16 dan menduduki peringkat 5 dari 13 Kabupaten/ Kota di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sektor pendidikan tahun 2019 angka melek huruf terus mengalami peningkatan hingga 96,68%, untuk rata-rata lama sekolah tahun 2019 meningkat 8,53%, untuk harapan lama sekolah 12,86 tahun, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 12,56 tahun, “Artinya, lama pendidikan yang diharapkan dapat dicapai oleh setiap anak adalah 12,86 tahun atau sampai kelas 3 SMA atau sederajat,” ujar Sisliandy

Lanjut, Data tersebut menurutnya, menjadi sangat penting karena akan menjadi bahan dan informasi serta masukan mengenai program pendidikan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam memenuhi kewajibannya apakah telah sejalan dengan tujuan yang diharapkan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk itu, Pjs. Bupati Sigi itu sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Unicef melalui Yayasan Karampuang yang telah menginisiasi kegiatan lokakarya gerakan kembali bersekolah, dan berharap tidak ada lagi nantinya anak usia sekolah yang tidak bersekolah atau putus sekolah di Kabupaten Sigi.

Turut hadir Kadis PMD Kab. Sigi, Perwakilan OPD terkait, Para Camat dan Para Kades di Kabupaten Sigi. (Hms/Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker