NASIONAL

Hari Terakhir Pelaksanaan Tes Assessment Dan Penulisan Makalah, Seleksi JPTP Sekretariat KPU Sulteng

PALU – Celebespos.com Sebanyak 7 orang peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.a), mengikuti pelaksanaan tes assessment dan Uji Kompetensi bidang Penulisan Makalah pada Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di aula media center Kantor KPU Sulteng, Kota Palu, Rabu (21/10/2020).

Ketujuh orang peserta tersebut merupakan peserta yang berasal dari Sulawesi Tengah yang lulus atau memenuhi kriteria nilai minimal dalam assesment minggu lalu.

Ada pun nama-nama peserta yang lulus yang berasal dari Sulawesi Tengah yaitu
Dr. H. Anas Yalitoba S.Sos, M.M saat ini menjabat sebagai Kadis Kominfo Sigi, Rusdin Samu, S.E., M.A.P dari Kab. Tojo Una-Una, Mohammad Yusuf, S.E.,M.Si dari Pemda Kab.Donggala, Mohammad Taufiq, S.STP dari Inspektorat Kab.Buol, Moh. Taufik, S.Sos dari KPU Sigi, Moh. Rusli D. Ali, S.Sos dari KPU Buol, serta Drs. Dahri Saleh, M.Si dari Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Kantor Gubernur Sulteng.

Anas yang merupakan salah satu peserta seleksi JPTP, pada media ini, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari seleksi terbuka yang Ia ikuti terkait pengisian jabatan sebagai Sekretaris KPU Provinsi (Eselon II.a).

“Setiap peserta dalam seleksi ini diperkenankan memilih jabatan Sekretaris di dua (2) tempat. Ini adalah tes assessment dan penulisan makalah jabatan Eselon II.a yang ketiga kalinya dilakukan secara daring, dikarenakan pandemi covid-19 yang saat ini masih berlangsung,” ungkapnya

Pria yang akrab disapa Haji Anas ini, mengungkapkan pula jika ada 7 posisi Sekretaris KPU Provinsi yang kosong, yakni di Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua Barat.

Dikatakan Anas, pada hari ke-1 dirinya selaku peserta, mengikuti tes assessment (dengan CAT, materi terkait kepribadian). Hari ke-2, dirinya mengikuti leadership group discussion. Pada sesi ini akan dibentuk beberapa kelompok dan melakukan diskusi, nanti leader-nya bergantian. Hari ke-3, ada penulisan makalah. “Kami sebagai peserta akan dikasih tema dan struktur penulisan serta dikasih waktu untuk mengerjakan, Insyallah lulus dan akan lanjut ke tahap berikutnya” terang Kadis Kominfo Sigi itu.

Sebelumnya dalam jejak karier kepemerintahannya, Anas Yalitoba pernah menduduki beberapa posisi jabatan strategis, antara lain Ia pernah menjabat sebagai KTU Kas Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Sekretaris Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kab. Sigi, Inspektur Pembantu Kab.Sigi, Kadis ESDM Kab. Sigi (2015-2016), Kadis DPM-PTSP Kab. Sigi (2017-2018) dan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi (dimulai sejak akhir Bulan September 2018-Sekarang).

Beberapa posisi jabatan yang pernah diemban seorang Anas Yalitoba tentunya memberikan cukup bukti, bahwa salah satu peserta JPTP dari Sigi itu sudah barang tentu memiliki pengalaman yang mempuni. Ia juga merupakan salah satu peserta yang lulus di dua daerah dalam seleksi kali ini yakni di KPU Provinsi Bengkulu dan KPU Provinsi Sulawesi Tengah.(Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker