BERITA

Hari Ini, Calon Kepala Daerah Sigi Jalani Tes Kesehatan

PALU – Celebespos.com Hari ini para kandidat bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi yang akan bertarung pada pilkada serentak 2020 mulai menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu. Minggu, (6/9/2020).

Berdasarkan pantauan media ini, masing-masing bapaslon telah sampai di RSUD Undata Palu sejak pukul 07.00 Wita Pagi, untuk menjalani proses pemeriksaan tersebut.

Kehadiran para kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi yang datang turut didampingi Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sigi dr. Rika F. Sakaruddin dan Direktur RSUD Undata Palu I Komang Adi Sujendra, Wakil Direktur Amsyar Praja, serta para dokter dari tim ahli kesehatan.

Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sigi dr. Rika F. Sakaruddin sebagai tim pokja pemeriksaan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sigi menerangkan bapaslon yang melakukan tes kesehatan menyeluruh hari ini antara lain pasangan Mohamad Irwan – Samuel Yansen Pongi dan pasangan Husen Habibu – Paulina.

“Beberapa pemeriksaan yang harus dilewati oleh masing-masing bapaslon antara lain pemeriksaan penyakit dalam, THT, paru, dan lain-lain. Termasuk untuk pengambilan rontgen thorax pada bagian akhir pemeriksaan,” Ujar Rika pada media ini.

Seluruh pemeriksaan tersebut dilakukan secara tertutup mengikuti protokol Covid-19. Kendati demikian, pemeriksaan untuk penularan virus tersebut tidak dilakuan lagi, mengingat masing-masing bapaslon telah membawa surat keterangan bebas Covid-19 dari pemeriksaan yang sebelumnya.

Untuk diketahui, calon Bupati dan Wakil Bupati wajib menjalani tes kesehatan, guna memastikan keduanya mampu menjalankan tugas secara jasmani dan rohani sesuai standar pemeriksaan kesehatan.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2020. (Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker