BERITA

Bupati Tolitoli Hadiri Pesta Nelayan

TOLITOLI – Perayaan Pesta nelayan yang di pusatkan di Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoli, dihadiri Bupati Tolitoli Moh.Saleh Bantilan SH.MH serta Ratusan masyarakat nelayan Desa Ogotu pada Minggu pagi (30-8/2020).

Bupati Tolitoli dalam sambutanya mengatakan,Pesta Nelayan tersebut merupakan tradisi yang memiliki landasan dan filosofis yang berakar dari keyakinan keagamaan dan nilai-nilai budaya lokal, yang dianut oleh masyarakat Desa Ogotua, sebagai salah satu cara nelayan mengekpresikan rasa syukur kepada Tuhan, atas hasi tangkapan ikan yang melimpah mereka peroleh.

“perayaan pesta nelayan didesa Ogotua ini, merupakan tradisi turun temurun yang di percaya dan sampai saat ini tetap di jaga kelestarianya”katanya.
Selain itu tradisi pesta nelayan yang ada merupakan rasa syukur serta permohonan keselamatan dalam mencari nafkah di laut.

Pesta Nelayan yang juga sebagai ungkapan rasa syukur ini, merupakan acara yang dihelat oleh masyarakat nelayan Desa Ogotua pada setiap bulan Muhartam Hijiriyah. 

Bupati berharap kepada Masyarakat, agar budaya pesta nelayan ini dapat dipertahankan sebagai suatu budaya kearifan lokal yang ada di Desa Ogotua, sebab pesta Nelayan ini kata Bupati dapat  menanamkan budaya dan bentuk rasa syukur atas melimpahnya hasil laut kepada generasi yang akan datang.

Lanjut Bupati meminta kepada seluruh nelayan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian laut tempat masyarakat mencari nafkah dan senantiasa bekerja sama demi menjaga kelestarian laut Desa Ogotua dan tidak menggunakan cara yg dilarang dlm menangkap ikan.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, Hi. Moh. Arif Latjuba, SE.,M.Si, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, Komandan Kodim 1305 Buol Tolitoli Letkol (Inf) Farid Yudis Purwanto, Asisten Sekda Kabupaten Tolitoli Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si, Camat Dampal Utara Syafruddin Dg. Parebba, SH, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Dampal Utara, Kepala Desa Ogotua Abdul Malik serta seluruh Kepala Desa se Kecamatan Dampal Utara.(UDIN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker