BERITA

Bagian Dari Program Binaan, BI Perwakilan Sulteng Bersama Pemkab Sigi Panen Raya Bawang Merah

SIGI – Celebespos.com Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah bersama kelompok Tani Hortikultura Jaya melakukan panen raya bawang merah yang berlokasi di desa Kota Rindau Kec.Dolo Kabupaten Sigi. Klaster bawang merah ini merupakan bagian dari program Binaan Bank Indonesia (BI) untuk mengendalikan inflasi dan disaksikan langsung Oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos.,M.Si didampingi Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi, Camat Dolo, serta para Anggota Kelompok Tani. Sabtu, (15/8/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sawesi Tengah M. Abdul Majid pada sambutannya mengatakan Bank Indonesia yang juga merupakan Bank Sentral, selain melaksanakan tugas dan wewenangnya dibidang moneter, makroprudensial hingga sistem pembayaran juga berperan aktif dalam upaya pemberdayaan bagi masyarakat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui diversifikasi sumber-sumber ekonomi di Sulawesi Tengah.

Dikatakan M. Abdul Majid, salah satu fokus pemberdayaan masyarakat yang pihak Bank Indonesia telah lakukan yaitu pendampingan bagi kelompok tani dalam hal peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) petani melalui pelatihan dan Capacity Building serta mendorong peningkatan produktivitas melalui dukungan sarana dan prasarana produksi dari program sosial Bank Indonesia.

“Kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh pihak BI, tentunya dilaksanakan secara komprehensif dan berkelanjutan, terus melakukan koordinasi khususnya pemerintah Kabupaten Sigi,” ucap M. Abdul Majid Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulteng.

Terlebih Ia sampaikan bahwa saat ini, pihaknya telah memiliki kelompok tani binaan di tiap-tiap Kabupaten, salah satunya di Kab.Sigi yang diberi nama “Kelompok Natural Tani” yang berlokasi di Bulupountu Jaya dengan pengembangan pertanian terintegrasi dan hortikultura organik, kelompok tani “Ojolali” yang berada didesa Kalawara dengan komoditas budidaya padi dengan metode hazton dan yang selanjutnya kelompok tani “Hortikultura Jaya” di desa Kota Rindau Kec.Dolo dengan komoditas unggulan Bawang Merah yang sementara berlangsung panen raya.” Tutur M.Abdul Majid Kepala Kantor BI Perwakilan Sulawesi Tengah.

Ditempat yang sama Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos.,M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah, yang telah membantu pemerintah daerah dalam pengembangan dan peningkatan produktivitas dibidang peternakan maupun pertanian. Beliau mengatakan bahwa Kabupaten Sigi merupakan kawasan yang memiliki keunggulan dalam sektor pertanian dan perkebunan, termasuk komoditi bawang merah yang memiliki nilai ekonomis yang relatif sehingga komoditas ini mampu menjadi sumber pendapatan dan membuka kesempatan kerja yang memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan petani serta dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian daerah khususnya Kabupaten sigi. Untuk mewujudkan itu semua para petani harus mampu melihat peluang untuk dapat berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas bawang merah yang ditanam untuk memenuhi permintaan pasar. Beliau berharap kiranya semua komponen dapat berkerjasama untuk mewujudkan swasembada bawang merah dan kabupaten sigi dapat menjadi salah salah satu wilayah pemasok, khususnya diwilayah indonesia timur.(Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker