BERITA

Pengembangan Produk Pertanian Diharapkan Terwujud Sehingga Menjadi Komoditi Andalan

SIGI – Celebespos.com Panen perdana kebun kelor dirangkaikan dengan peresmian Klinik Pangan Karya Baru, Lumbung Pangan, Gilingan Padi Boya serta pameran hasil produk pangan masyarakat yang bertempat di Desa Loru Kecamatan Sigi Biromaru. Selasa, (11/8/2020).

Rahmat Iqbal Nurholis selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi dalam laporannya menyampaikan acara ini adalah rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu Bantuan yang diterima oleh Kelompok Tani Karya Baru melalui Dana Alokasi Khusus Bidang Pertanian (DAK) Tahun 2019. Dimana Kelompok Tani Karya Baru memperoleh alokasi bantuan Rp. 500.000.000 (Lima Ratus Juta) yang diperuntukan bagi Pembangunan Gudang Lumbung Pangan, Pembangunan Lantai Jemur dan Pengadaan Penggilingan Padi. Beberapa waktu yang lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa PDB Indonesia Kuartal 2020 tumbuh -5,32% jika dibandingkan kuartal II 2019 dan tumbuh -4,19 % jika dibandingkan kuartal I 2020. Tetapi dibalik angka tersebut, terdapat fakta yang perlu kita cermati PDB sektor pertanian justru melesat mencapai 16,24% pada triwulan II. Bahkan hanya pertanian yang tetap tumbuh positif hingga 2,19%, Ini menggambarkan bahwa pangan dan produk pertanian merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa tergantikan dimasa pelemahan ekonomi akibat pandemic ini.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah Abdullah Kawulusan menambahkan Untuk membantu aspek permodalan, pemerintah juga menyiapkan skim Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk sektor pertanian pada Tahun 2020 dialokasikan sebesar 50 Triliun untuk sarana dan prasarana pertanian. Kementerian Pertanian mendorong optimalisasi pekarangan melalui kegiatan pertanian juga program keluarga dan pekarangan pangan lestari. Konsep program ini dimaksudkan untuk penyediaan pangan rumah tangga dari lahan pekarangan. Memanfaatkan setiap jengkal tanah untuk ditanami tanaman pangan produktif.

Bupati Sigi Mohamad Irwan dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Sigi merupakan kawasan yang memiliki keunggulan dalam sektor pertanian dan perkebunan, termasuk hasil panen padi yang mungkin saja melebihi stok kebutuhan pangan masyarakat. Sehingga lumbung pangan dan gilingan padi ini memberikan semangat sekaligus membantu petani dalam mengolah hasil pertaniannya. Selain itu panen perdana kebun kelor serta pameran hasil produk pangan Bupati mengajak kepada petani untuk merubah mindset yang tadinya menanam hanya untuk makan, menjadi petani yang berorientasi pada produksi dan menghasilkan hasil yang tinggi dengan cara tanam, pengolahan dan pemupukan yang baik agar menghasilkan lebih dari sebelumnya, sebagian hasil panen bisa untuk dimakan dan lebihnya bisa untuk dijual. Semua itu diharapkan dapat menjadi semangat baru petani dalam mengembangkan produk pertaniannya agar menjadi komoditi andalan dan juga memiliki nilai jual serta meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Sigi.

Turut hadir Kepala Dinas PMD, Camat Sigi Biromaru, Perwakilan Danramil , Perwakilan Kapolsek, Kades Loru, Anggota Kelompok Tani dan Masyarakat Loru.(Hum/Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker