BERITA

Bupati Sigi Dan Wabup Tinjau Langsung Titik Lokasi Banjir Di RS.Torabelo

SIGI – Sigipos.com Curah hujan yang tinggi di Sulawesi Tengah. Mengakibatkan beberapa daerah terdampak banjir, hal ini juga berdampak di Kabupaten Sigi yang masih terbilang curahan hujan yang tinggi sejak memasuki awal bulan Juli 2020.

Sehingga, guyuran deras sepanjang hari kemarin mengakibatkan hampir semua ruangan termasuk halaman di RSUD Torabelo Sigi terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa pada Kamis sore hingga malam hari kemarin.

Namun, ada hal yang menarik saat kedua Kepala Daerah tersebut dengan waktu yang bersamaan tiba di lokasi banjir RS.Torabelo Sigi. Diketahui sebelumnya, bahwa kedua kepala daerah ini yakni Bupati Sigi Mohamad Irwan,S.Sos.,M.Si sudah mengumumkan ke publik bahwa dirinya resmi menggandeng Dr.Samuel Yansen Pongi,SE.,M.Si sebagai wakilnya sementara Wakil Bupati Sigi Paulina,SE.,M.Si telah resmi disandingkan dengan Drs.H.Husen Habibu.,MHI untuk tetap menjadi wakil, dalam pertarungan menuju singgasana pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Terlepas dari itu semua, Bupati Sigi Mohamad Irwan,S.Sos.,M.Si bersama Wakil Bupati Sigi Paulina,SE.,M.Si,didampingi pihak TNI/Polri diantaranya Kapolres Sigi AKBP.Andi Batara Purwacaraka,SH.,S.I.K, Perwakilan Dandim 1306/Donggala, tinjau langsung kelapangan titik lokasi banjir untuk mengecek/mengawal para pasien yang berada dirumah sakit Torabelo Sigi untuk dievakuasi terlebih dahulu. Kamis, (9/7/2020).

“Korban sudah kita evakuasi ketempat yang lebih aman dan saya sudah perintahkan pihak terkait diantaranya BNPB Sigi, Basarnas, Dinkes Sigi Dinas PU Sigi, Anggota Satpol PP dan Damkar Sigi, serta personil Perhubungan Kabupaten Sigi untuk segera membersihkan area rumah sakit khusunya ruang perawatan sehingga pelayanan tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya, serta alat berat dari dinas PU Sigi yang sudah stand bay di lokasi banjir” ujar Bupati Sigi.


Foto : (Kiri) Plt.Kadis PUPR Sigi Hendri Kusuma, (Kanan) Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III Feriyanto

Sementara Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Feriyanto, yang turut andil didalamnya kepada wartawan mengatakan, kami dari pihak Balai Sungai langsung menuju titik lokasi banjir segera menurunkan alat berat tambahan agar dapat membendung dan merubah jalur sungai agar air tidak masuk kehalaman rumah sakit lagi.

“Saya sudah berkoordinasi kepada bapak Bupati tadi, bahwa kami juga akan menurunkan alat berat untuk membantu pihak PU Sigi, karena ini juga merupakan tanggung jawab kami, sebelumnya kami sudah melakukan survei dilokasi tersebut. Dan pada Jumat pagi sebagai langkah awalnya kami membuka alur sungai sehingga bisa langsung terlokalisir air agar kedepannya air sungai tidak langsung menabrak ke dinding tembok pagar RS Torabelo Sigi” ucap Feriyanto Ka BWSS III kepada Wartawan.


Wakil Bupati Sigi Paulina,SE.,M.Si

Ditempat yang sama pula Wakil Bupati Sigi Paulina,SE.,M.Si menuturkan bahwa untuk pasien yang saat kejadian banjir masih berada dalam ruangan, tadi sudah dijelaskan oleh kepala Plt. Kepala Dinas Kesehatan Roland Franklind,S.STP.,M.Si Kepala RS.Torabelo Sigi, dr. Graf R. F. Beba,.MPH, Jubir Penanganan Covid-19 Kab.Sigi dr.Rika F.Sakaruddin, Ka Bagian TU RS.Torabelo, Camat Biromaru, serta Kades Sidera langsung di evakuasi ke tempat yang lebih aman.


Bupati Sigi Mohamad Irwan,S.Sos.,M.Si bersama Jubir Penanganan Covid-19 Sigi dr.Rika F.Sakaruddin

Lebih lanjut, Jubir Penanganan Covid-19 Kab.Sigi dr.Rika F.Sakaruddin bersama Dirut RS.Torabelo Sigi juga menambahkan bahwa ada beberapa pasien pada saat kejadian berlangsung sementara menjalani operasi di ruang UGD RS. Torabelo dan itu sudah kami rujuk untuk dibawah ke RS.Undata Palu sembari mendapatkan pertolongan lebih lanjut dan juga bagi pasien yang dirawat diruangan, untuk sementara kami pulangkan kerumah masing-masing serta di Puskemas terdekat untuk proses pemulihan.”Terangnya”(Kar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker