BERITA

Komisi Gabungan DPRD Sigi Tinjau Sungai Paneki

SIGI, celebepos.com – Rencana pembangunan pipanisasi air sungai paneki yang akan di peruntukan ke Hunian tetap (Huntap) Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru, anggota DPRD Sigi, BWS, Dinas PUPR Sigi, Forum Pemerhati Sungai Paneki (FPSP), Polres Sigi, bersama tokoh masyarakat pengguna air paneki melihat secara langsung kondisi air sungai paneki yang berada di Desa Pombewe Sabtu (27/06).

Peninjauan air sungai paneki tersebut, merupakan tindak lanjut dari dua kali pertemuan yang telah di lakukan oleh anggota DPRD Sigi bersama pihak terkait, anggota DPRD Sigi Ajub Willem Darawia Ahad (28/06) mengatakan, peninjauan ini untuk melihat langsung kondisi air dalam peruntukannya yang akan di gunakan warga yang ada di Huntap maupun warga yang ada di empat desa, khususnya Desa Pombewe dan Desa Loru yang merupakan titik aliran sungai paneki tersebut.

“pertemuan sebelumnya pihak BWS telah menerangkan secara tehnis rencana pipanisasi ini, tentunya kita juga ingin melihat langsung di lapangan dan tidak hanya mendengar biar lebih jelas”kata Ajub.

Peninjauan yang di hadiri anggota komisi gabungan itu, Ajub yang juga ketua komisi III DPRD Sigi menegaskan, pamanfaatan air sungai tersebut tentu harus jelas dan harus di rasakan semua masyarakat, bila rencana pipanisasi ini hanya merugikan warga pengguna air, maka pihaknya juga tidak menginginkan rencana ini berlanjut.

“tentunya dalam perencanaan ini sudah pasti akan melihat pemanfaatan yang lebih baik, dan pemerintah tidak akan melakukan sesuatu itu yang bisa merugikan warga”ujarnya.

Pertemuan yang juga di hadiri Wakapolres Sigi itu, dari pihak BWS dalam tersebut menyatakan, dalam rencana yang dilakukan masih dalam kajian dan belum melakukan pengerjaan seperti informasi yang tersebar.

“kita masih dalam kajian dan kajian ini nantinya akan menjadi sampel, jadi kita belum melakukan apa apa di titik rencana tersebut”katanya.

Pertemuan tersebut akan kembali dilakukan di masing masing setiap desa pengguna air yakni, Desa Pombewe, Loru, Lolu dan Desa Mpanau melalui Dinas PUPR.WA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker